Dosen Biologi Universitas Negeri Medan Temukan Obat Cegah COVID-19

  • Bagikan

Medan, Metro24sumut.com| Dosen Biologi FMIPA Universitas Negeri Medan Dr. Diky Setya Diningrat, M.Si  menemukan obat untuk mencegah infeksi COVID-19. Temuan obat ini, setelah dilakukan penelitian bersama oleh UPI Bandung dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Penelitian yang dilakukan ini merupakan kolaborasi antara tiga orang dosen Perguruan Tinggi Negeri dari Kampus Unimed, UPI Bandung dan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang diketuai oleh Dr. Diky Setya Diningrat, Untuk penemuan obat ini sudah disampaikan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset Teknologi (Kemendikbud-Ristek).

“Ide dilakukannya penelitian ini berawal dari upaya memberikan solusi untuk memecahkan banyaknya masyarakat yang terpapar COVID-19, Setelah dilakukan berbagai kajian di laboratorium dan observasi lainnya, ditemukan obat mencegah infeksi COVID-19 dari minyak atsiri hanjeli,” sebut Diky, Kamis 20 Mei 2021.

Sebagai Koodinator Pusat Inovasi, Publikasi dan Sentra Kekayaan Intelektual LPPM Unimed, Dr Diky menjelaskan temuan penelitian ini berupa minyak atsiri hanjeli yang diketahui berkemampuan sebagai antivirus dan jamblang sangat tinggi kandungan antioksidannya.

Sehingga berpotensi sebagai Angiotensin Converting Anzyme (ACE) Inhibitor, Peneliti telah menganalisis isi kandungan senyawa bioaktif minyak atsiri hanjeli dan jamblang dalam aktivitasnya sebagai antivirus dan antioksidan untuk ACE inhibitor dengan pendekatan analisis metabolomik,” ungkap Diky.

Peneletian ini, dilakukan oleh Diky,  Berawal dari kegelisahan tingginya terhadap angka kasus penyebaran COVID-19 di Indonesia khususnya di Kota Medan, Kemudian, ia bersama tim melakukan uji coba minyak atsiri hanjeli untuk pencegahan tertular virus corona dengan menggunakan bahan alami.

  • Bagikan