Koordinasi Persiapan Literasi Digital SIBERKREASI di Kabupaten Langkat

  • Bagikan

Langkat, Metro24sumut.com| Beberapa orang penggerak organisasi, lembaga, dan komunitas yang terdiri dari para praktisi, akademisi, petani, jurnalis, aktivis, wirausahawan, pemuda, pendidik, da’i, dosen, pendamping program keluarga harapan, sosial, dan pedesaan bertemu untuk membahas dan mempersiapkan pelaksanaan program dalam rangka ikut serta berperan memajukan daerah Kabupaten Langkat melalui literasi digital di ROT Caffe Perdamaian Stabat (26/5).

Diantara pembahasan dalam pertemuan yang dipandu oleh Sofyanto (Pendiri Omah Dondong) adalah koordinasi persiapan pelaksanaan Webinar Siberkreasi Komunikasi dan Informasi (Kominfo) di Kabupaten Langkat yang akan berjalan dari bulan Mei sampai Desember 2021.

Siberkreasi merupakan gerakan nasional untuk menanggulangi ancaman potensi bahaya terbesar yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia, termasuk di daerah, yaitu penyebaran konten negatif melalui internet, seperti hoax, cyberbullying, dan online radicalism.

“Gerakan literasi digital siberkreasi merupakan gerakan sinergis yang mendorong masyarakat, khususnya pengguna internet (netizen) untuk menggunakan internet secara lebih bijak dan bertanggungjawab”, jelas Sofyanto.

Upaya penanggulangan dampak penyebaran konten negatif di internet dengan cara mensosialisasikan literasi digital ke berbagai sektor, terutama pendidikan dan sosial.

“Disamping itu, gerakan literasi digital siberkreasi dapat menumbuhkan produktivitas dan kreatifitas masyarakat, khususnya pengguna internet (netizen)”, kata Sofyanto./ RH

  • Bagikan