Pemerintah Pusat Anggarkan Rp,63 Miliar Dana DAK ke Kabupaten Sergai

  • Bagikan

SERGAI, Metro24Sumut.com| –                Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah Kementrian PUPR Riono Suprapto menyatakan bahwa pemerintah pusat pada tahun ini menganggarkan Rp,63 Miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) di Kabupaten Serdang Bedagai.

Hal itu diungkapkan Riono usai meresmikan jalan bogak-sentang di Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (3/6). Siang Didampingi Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan, Ketua TP PKK Rosmaida Saragih, Sekda Faisal Hasrimy, Kapolres Sergai, Dandim 0204 DS, Kakankemenag, Kakan PN Sergai, para asisten, kepala dinas dan sejumlah para tamu undangan lainnya.

“DAK ini merupakan program untuk daerah tertentu dalam mendukung pembiayaan infrastruktur. Total DAK untuk pembangunan jalan akan dilakukan di 13 kilometer. Dan kini sudah mencapai 8,5 meter. Ini dilakukan untuk mencapai target pembangunan nasional dalam RPJMN tahun 2020-2024,” ungkap Riono.

Riono Suprapto juga mengungkapkan bahwa selain untuk jalan, DAK dari Pemerintah Pusat juga akan disalurkan untuk pembangunan di bidang jembatan, irigasi hingga fasilitas sanitasi.

“Bidang lain adalah irigasi, pengadaan air minum, Sanitasi dan sanitasi di dinas Perumahan dan Permukiman,”sebutnya.

Ia juga menambahkan mulai tahun ini DAK juga dapat digunakan untuk pembangunan rumah layak huni bagi nelayan, petani dan masyarakat kurang mampu.

“Kedepan akan kami infokan ke bapak melalui dinas perkim prosedur dan tahapan mendapatkan DAK untuk pembangunan rumah layak huni,” tukasnya

Sementara itu, Bupati Darma Wijaya mengungkapkan di tahun ini selain fokus pada pembangunan infrastruktur jalan, jembatan dan irigasi, juga akan dilakukan pembenahan sekolah dan puskesmas.

“Saya ingin semua OPD yang bersentuhan langsung ke masyarakat memaksimalkan pelayanan,”ujarnya.

Lebih lanjut Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama merawat jalan dan fasilitas umum lainnya yang sudah dibangun.

“Selain tugas kami dan pasukan merah, merawat jalan dan fasilitas umum juga menjadi keharusan bagi kita semua. Selama ini pembangunan sudah dilakukan namun tidak ada yang merawat,” ujarnya.

Mantan Wakil Bupati ini juga menghimbau masyarakat pesisir pantai untuk menanam pohon kelapa pandan wangi sebagai tambahan perekonomian bagi masyarakat

Diakhir acara, Peresmian jalan bogak-sentang ini ditandai  pemotongan nasi tumpeng dan pemotongan pita. Kemudian Rombongan Bupati dan Wakil Bupati Sergai meninjau langsung jalan Hotmix yang sudah selesai. (*)

  • Bagikan