Penyerahan Buku Judul “Regulasi Penetapan Status Perlindungan Ikan Terubuk” ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu

  • Bagikan

Labuhanbatu, Metro24sumut.com| Hasil karya anak bangsa Indonesia Putra Labuhanbatu Awaluddin M.Siregar,ST,S.Pd,MP dengan menulis Buku yang ber judul “Regulasi Penetapan Status Perlindungan Ikan Terubuk” ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, Jalan Meranti No.4 Padang Matinggi Rantauprapat, Senin (07/06/2021).

Buku ini di serahkan penulis kepada Kepala Bidang Perpustakaan Mukhsin Saragih,SE Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 2 eksemplar Mukhsin Saragih, SE, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Penulis Awaluddin M.Siregar,ST, S.Pd, MP yang telah membuat buku ini sehingga meningkatkan gerakan literasi kabupaten Labuhanbatu.

Harapannya dengan penerimaan buku bisa menambah koleksi buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Labuhanbatu dan di manfaatkan masyarakat untuk menambah pengetahuan tentang Literasi Ikan terubuk yang hidup di perairan Sungai Barumun dan Sungai Bilah, Kabupaten Labuhanbatu.

Awaluddin M.Siregar,ST,S.Pd,MP selaku penulis Buku yang ber judul “Regulasi Penetapan Status Perlindungan Ikan Terubuk” ini menyampaikan dengan Buku ini di harapkan sebagai panduan untuk literasi tentang Ikan terubuk yang dimana belum ada terbit buku tentang ikan terubuk ini, dan di harapkan sebagai acuan untuk adik-adik mahasiswa untuk meneliti ikan terubuk ini ke jurnal atau penelitian selanjutnya.

Dimana dalam buku ini di uraikan tentang 1.Buku ini sangat penting dan bermanfaat karena memaparkan tentang ikan terubuk (Tenualosa ilisha) yang hidup dan berkembang biak di wilayah perairan Sungai Barumun, Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara. Dimana ikan terubuk ini merupakan makanan khas para Raja-Raja sekitar pesisir Pantai Labuhanbatu.

2. Didalam penyajian buku ini ada budaya ke arifan lokal yang di miliki masyarakat pesisir pantai Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara, seperti Arung Laut yang sampai saat ini masih di lestarikan oleh petani nelayan dalam melakukan penangkapan Ikan.

3. Buku ini menjelaskan tentang dengan adanya Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor: 43/KEPMEN-KP/2016 tentang Penetapan Status Perlindungan Terbatas Ikan Terubuk (Tenualosa ilisha) sehingga kelestarian ikan terubuk ini tetap terjaga, dimana sebelum adanya Kepmen ini Kelestarian Ikan terubuk ini hampir sempat punah.

4.Buku ini juga menerangkan Efektivitas dari implementasi Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor: 43/KEPMEN-KP/2016 tentang Perlindungan Terbatas Ikan Terubuk (Tenualosa ilisha) terhadap ketersediaan sumber daya ikan secara yuridis dan dilihat dari hasil tangkapan nelayan mengalami peningkatan dan cukup efektif dan peningkatan hasil tangkap ini terlihat setelah pemberlakukan Kepmen Nomor: 43/KEPMEN-KP/2016, sehingga peningkatan hasil tangkap nelayan masyarakat pesisir Pantai Labuhanbatu./Ade

  • Bagikan