Persamaan Presepsi Jelang Idhul Adha 1442H, Kapolres Serdang Bedagai Pimpin Rapat Koordinasi

  • Bagikan

SERGAI, Metro24sumut.com | Kapolres Serdang Bedagai,AKBP Robin Simatupang SH MHum melaksanakan rapat koordinasi guna menyatukan presepsi tentang pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha dan pemotongan hewan Qurban. Rapat tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Sinangkong, Desa Sei Rampah, Minggu (18/07/2021) sekira pukul 11.00 Wib s/d selesai.

Rapat Koordinasi dipimpin langsung Kapolres Serdang Bedagai, AKBP Robin Simatupang SH MHum dan dihadiri Kadis Kesehatan Dr Bulan Simanungkalit,Kadis PMD Ikhsan AP, Kabag Kesrah,Cici Kusnadi M AP, Ketua Apdesi, Yunus, Kabag Ops Polres Sergai, Kompol T.Manurung, Kabag Sumda Polres Sergai,Kompol E Tambunan SH,Para Kasat Polres Sergai, Para Camat se Kab.Sergai dan Para Kades se Kab.Sergai

Dalam arahannya, Kapolres Sergai,AKBP Robin Simatupang SH MHum menegaskan bagaimana langkah dan Pola kegiatan Camat, Kades dan seluruh elemen masyarakat cegah dan tangkal Covid Peran PMD, Camat, Kades / Satgas Covid-19 Cegah dan tangkal penyebaran Covid-19.

“Permasalahan dan penerapan pelaksanaan PPKM Mikro ditengah masyarakat dengan segala problema pro dan kontra dari warga masyarakat. Bagaimana cara bertindak Polri,  Dinkes Dinas PMD, Camat,Kades dan seluruh Satgas Covid 19 serta Relawan Covid 19 untuk dapat mengubah Zona Merah, Menjadi Zona Aman Hijau,”harap Kapolres.

Lanjut Kapolres, Upaya langkah Efektif percepatan cegah dan tangkal Covid-19 dengan peran seluruh elemen pada Perayaan Idul Adha 1442 , agar para Camat dan Kades memberikan himbauan kepada Ketua BKM/ Kenajiran masjid dan Panitia Qurban melakukan tahapan Pra dan Paska Puncak perayaan Idul Adha 1442 H.

“Agar Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H dilakukan tetap dengan aturan Prokes demikian juga dengan pemotongan Qurban agar dalam pembagian dapat diantar langsung oleh panitia kepada yang berhak menerima sehingga cegah kerumunan warga,”tambah Kapolres.

Bagaimana kesiapan Dinas Kesehatan dan jajarannya tentang kesiapan Vaksin dan tenaga Nakes.

“Kita harus bekerjasama dalam hal menangani Covid-19 di Kab.Sergai, Saat ini rekan kita di medan sedang terkena PPKM darurat yang disebabkan tidak berjalannya PPKM Mikro”ucap AKBP Robin.

AKBP Robin menyampaikan,Untuk Kasatgas PPKM Mikro yaitu Kasat Narkoba dan kasat Binmas, Kabag Sumda dan Dinas kesehatan agar melaksanakan Trecing kepada Masyarakat. Untuk Kepala Desa yang berada di Zona kuning agar membuat Pos PPKM Mikro agar kita budayakan memakai masker.

“Polres Sergai dan Instansi terkait setiap harinya melaksanakan Ops Yustisi guna mencegah penyebaran virus Covid-19,”ajaknya.

Agar Kepala Desa membuat surat edaran tentang PPKM Mikro untuk pemilik warung yang berada di desa-desa zona Kuning, PPKM Mikro tetap dalam pantauan terkait penyebaran Covid-19 ini kita saling mengevaluasi agar yang terpapar virus Covid-19 di isolasi mandiri.

“Saya sudah mengusulkan kepada Bapak Bupati untuk membeli PCR guna mempermudah masyarakat di testing/ ditrecing,Masyarakat yang meninggal dunia yang terpapar Virus Covid-19 agar dimakamkan sesuai prokes,”tegas Kapolres.

Sementara Untuk penyekatan berada di Simpang 3 Perbaungan dan Dolok Masihul guna memperketat PPKM Mikro.

Terkait vaksinasi saat ini dengan sasaran Lansia dan Pra Lansia kedepan seluruh masyarakat Kab. Sergai akan segera divaksin.

Polres Sergai akan mengundang Ketua PN Sergai dalam melaksanakan Ops Yustisi.

“Saya yakin jika kita bersama- sama saling mendukung kita akan bisa sukses,”tandas AKBP Robin.

Ditempat yang sama,Kasat Binmas Polres Sergai memaparkan,Untuk saat ini Wilkum Polres Sergai dari 177 Desa dan kelurahan Ada 47 Dusun masuk dalam zona kuning.Saat ini kita terapkan PPKM Mikro agar mengurangi tingkat penyebaran Virus Covid-19 di Kab. Sergai.

“Saya sudah menyampaikan kepada Babhinkamtibmas dan relawan PPKM mikro agar tetap melaksanakan kegiatan di Posko yang berada di Dusun zona Kuning.Agar kegiatan keluar masuk masyarakat diperketat bertujuan kita mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan guna menekan angka penyebaran Virus Covid-19 di wilkum kita,”terang Kasat Binmas Polres Sergai.

Selanjutnya Kabag Ops Polres Sergai,Kompol T.Manurung menjelaskan,Dirinya berharap kepada kepala Desa agar mendatakan masyarakat yang melaksanakan sholat Idul Adha dan pembagian hewan Qurban.

“Untuk Sholat Idul Adha dilapangan dan di masjid agar ditiadakan,boleh saja laksanakan tetapi harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat,Terkait pemotongan hewan qurban agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan pembagian agar langsung dibagikan kerumah masyarakat,”kata Kabag Ops.

Sementara Kasat Intelkam Polres Sergai menambahkan,Beliau sudah memerintahkan Kanit Polsek jajaran agar mendeteksi terkait perayaan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan Qurban dan pada saat melaksanakan sholat ID agar membawa sajadah masing-masing, memakai masker dan sanitizer.

“Agar pembagian hewan Qurban tidak lagi dengan pola lama tetapi dengan cara membagikan kerumah masyarakat dengan waktu yang sudah ditentukan oleh panitia.Sat Intelkam tidak lagi mengeluarkan surat Izin keramaian dikarenakan pandemi virus Covid-19,”ucapnya.

Gbr.Kapolres Serdang Bedagai,AKBP Robin Simatupang SH MHum melaksanakan rapat koordinasi guna menyatukan presepsi tentang pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha dan pemotongan hewan Qurban, Desa Sei Rampah, Minggu (18/07/2021)

Kadis PMD dalam rapat Koordinasi juga menyampaikan,Kita sudah konfirmasi kepada perangkat Desa mengenai dana Desa untuk dana Desa masih 40% dana tersalur.

“Kita kembali pendewasaan masalah dana Desa disaat pandemi Covid-19,”kata Kadis PMD.

Dilanjutkan masukan dari Kadis Kesehatan menyampaikan,Ia meminta kepada Kepala Desa agar membantu Dinas kesehatan dengan menerapkan PPKM Mikro di Desa Masing-masing.

“Setiap ada kasus agar membuat rumah tunggu terhadap masyarakat yang terpapar Virus Covid-19.Terkait Vaksi belum tersalin dengan sasaran.Mari kita optimalkan vaksinasi massal terhadap masyarakat,”jelas Kadis Kesehatan.

Lanjutnya,Vaksin di fokuskan terhadap lansia dan pra Lansia.

“Saya minta para Camat dan kepala Desa agar menyampaikan kepada masyarakat memberikan pemahaman terkait vaksinasi.Pada tanggal 30 Juni vaksin habis 12.000 dalam satu hari,”tandasnya.

Selanjutnya ditutup dengan kata masukan dari Kabag Kesra Pemkab Sergai,Kami akan menghimbau kepada masyarakat agar tidak melaksanakan sholat ID di lapangan melainkan di rumah.

“Akan kami himbau kepada masyarakat agar tidak melaksanakan sholat ID dilapangan, terkait pembagian hewan Qurban akan di bagikan kerumah Masyarakat,”tutupnya.

Acara dilanjutkan sesi tanya jawab dan Makan siang bersama.

Dari hasil yang didapatkan dalam rapat koordinasi tentang pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Adha 1442 H dan Pemotongan hewan kurban adalah bahwa para Kasatgas Covid Kecamatan dan Desa akan tetap mendukung kegiatan PPKM Mikro serta ketentuan Prokes pada Pra dan Paska Perayaan Idul Adha 1442 H. Dengan upaya persuasif serta inovasi guna menurunkan Zona penularan Covid menjadi Zona Aman ( hijau ) dan akan bekerja dengan segala kemampuan dan sinergitas, sehingga upaya penekanan penyebaran Covid dapat ditekan. Kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan baik.

Sumber : Kasubbag Humas Polres Sergai
Editor    : Qodri Harahap

  • Bagikan