Lestarikan Kebudayaan Jawa, Pujakesuma Desa Bandar Tinggi Gelar Kesenian Kuda kepang

  • Bagikan

Labuhanbatu, Metro24sumut.com

Dibawah Pimpinan Sunariyo, Pujakesuma Desa Bandar Tinggi bersama Para Pengurus Lainnya Berupaya terus selalu aktif untuk melakukan kegiatan kegiatan kesenian Kebudayaan Jawa di tengah Masyarakat.

“Sebagai salah satu Organisasi Kesukuan yang ada di labuhanbatu memang sudah menjadi kewajiban bagi Kami untuk Berperan agar bisa menjadi wadah untuk membina dan menjaga keberlangsungan kesenian Jawa yang sudah ada sejak zaman dahulu” ujar Wano rojo rojo.

Untuk itu Pujakesuma Desa Bandar Tinggi Kecamatan Bilah Hulu Mengelar Kesenian KUDA KEPANG
yang di adakan di Halaman Rumah Warga yang ada di dusun Purba Sari Rabu, (18/08 2021) .

“Nampak Terlihat masyarakat dari segala lapisan begitu antusias dan merasa sangat terhibur dengan adanya pagelaran kesenian kuda kepang yang di adakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 Tahun, yang mana acara ini dilaksanakan sebagai hiburan bagi masyarakat yang terselenggara berkat kerjasama dan partisiasi masyarakat desa Bandar Tinggi dengan Pengurus Pujakesuma, kata Naryo.”

Irpan Salah seorang warga di sela sela acara berlangsung Mengatakan Bahwa Acara kesenian seperti ini memang sangat dirindukan oleh warga masyarakat, dan Kalau bisa harus diadakan secara rutin, ia berharap agar Kesenian KUDA KEPANG ini tidak hilang meski sudah maju seperti sekarang.

Saat acara berlangsung suasana di lokasi dalam Cuaca yang begitu Cerah dan bersahabat sehingga warga desa bandar tinggi dan sekitarnya Mudah untuk datang ke lokasi acara untuk menonton dan menyaksikan pagelaran kuda Kepang yang yang di gelar di desa mereka.

“Acara seperti ini akan terus Kami Laksanakan Sebagai rasa tanggung jawab kami untuk terus berusaha untuk melestarikan kebudayaan JAWA agar selalu Tampil di tengah masyarakat kabupaten labuhanbatu tercinta ini” ujarnya.

Hadir di acara pagelaran Kesenian ini Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda yang ada di Desa Bandar Tiggi, Pengurus Pujakesuma Kel. Pulopadang, Pujakesuma Kecamatan Rantau Utara, Pujakesuma Bilah Hilir, & Pengurus desa Lainnya serta pata tamu dan Undangan Kehormatan Lainnya,Tutup Mardiono.

Penulis: Awal Siregar

Editor: Evi

  • Bagikan