banner 728x90

Polsek Medan Tuntungan Mediasi dan Saksikan Kesepakatan Damai Ormas PBB dan PP

Medan, Metro24sumut.com

Dua Organisasi Masyarakat (Ormas), Pemuda Pancasila (PP) Pancur Batu dan Pemuda Batak Bersatu (PBB) Medan Tuntungan sepakat berdamai pasca penyerangan kantor PBB Medan Tuntungan yang terjadi pada Minggu (8/8/21) lalu, dan ikrar perdamaian  disaksikan langsung Plh Kapolsek, Iptu Amir Sitepu, Sabtu (21/8/2021) di Mako Polsek Medan Tuntungan, Jalan Bunga Turi III, Kelurahan Laucih Kecamatan Medan Tuntungan.


Hadir dalam prosesi perdamaian itu, Ketua PAC PP Pancur Batu, John Princen Sembiring, Ketua PAC PBB Medan Tuntungan, Marison Damanik, penasehat PAC PBB Medan Tuntungan, Mangasi Siburian, Plh Kapolsek Tuntungan, Iptu Amir Sitepu, Kanit Intel, Aiptu Pol Maruli dan personil serta beberapa anggota ormas yang hadir.

Pada kesempatan tersebut, Plh Kapolsek Medan Tuntungan, Iptu Amir Sitepu menyampaikan apresiasinya terhadap jajaran PP Pancur Batu dan PBB Medan Tuntungan hingga kesempatan damai ini dapat terlaksana dengan baik.

“Mereka sudah kami mediasi dengan baik. Jalan inilah yang terbaik walaupun berbeda organisasi tapi kita tidak lepas dari kebersamaan dan gotong royong,” kata Iptu Amir Sitepu, Sabtu (21/8/2021) didampingi Kanit Intel, Aiptu Pol Maruli Manullang dihadapan kedua pihak.

Amir berharap dengan adanya perdamaian ini, kedepannya tidak ada lagi kericuhan atau perselisihan antara sesama organisasi agar tetap menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif.

Selanjutnya, dalam sesi kesepakatan damai para pihak menandatangani berita acara dan sekaligus pencabutan laporan Nomor : STTLP/ 131/ VIII/ 2021/ SPKT/ SEKTA MEDAN TUNTUNGAN tertanggal 8 Agustus 2021yang melibatkan para ketua organisasi didampingi penasehat serta para utusan dari DPC ormas masing masing.

Sebagai tanda perdamaian masing masing, para ketua ormas saling bertukar baju seragam yaitu Ketua PAC PP Pancur Batu memakaian baju PP kepada Ketua PAC PBB Medan Tuntungan dan begitu pun sebaliknya.

Ketua PAC PP Pancur Batu, John Princen Sembiring menyampaikan rasa harunya dan terima kasihnya atas tercapainya kesepakatan damai tersebut, khususnya kepada kepolisian Polsek Tuntungan yang telah memediasi perdamaian sehingga permohonan maaf diterima dengan baik oleh jajaran PBB Medan Tuntungan.

“Kami PAC PP Pancur Batu sangat terharu, dan disinilah kita mengambil hikmahnya karena permasalahan semua sudah selesai. Kedepan kami akan saling bersilaturahmi dan bekerjasama dengan PAC PBB Medan Tuntungan,” ujar John Princen Sembiring.

Hal senada juga disampaikan Ketua PAC PBB Medan Tuntungan, Marison Damanik dan menegaskan bahwa permasalahan sudah selesai dengan baik sembari mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang  telah memediasi kedua belah pihak hingga selesai.

Marison menyampaikan, ada lima poin penting dalam kesepakatan perdamaian tersebut, salah satunya adalah melaksanakan Upah- Upah sesuai dengan Adat Batak sebagaimana lazimnya Dalihan Natolu.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan Upah -Upah atau makan bersama di rumah penasehat PAC PBB Medan Tuntungan, Mangasi Siburian. dan semua yang hadir tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat sesuai dengan anjuran pemerintah.

Evi

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif