Agung Prayogo : Taman Bacaan Masyarakat Jiwa Khatulistiwa Membangun Literasi Dari Desa

  • Bagikan

SERGAI, Metro24Sumut.com |        Pemuda pendiri TBM Jiwa Khatulistiwa, Agung Prayogo kelahiran Desa Lubuk Saban Kecamatan. Pantai cermin Kabupaten Serdang Bedagai(Sergai), Provinsi Sumatera Utara lolos seleksi sebagai peserta magang literasi.

Sebelumnya, kegiatan magang literasi masyarakat nasional yang diselenggarakan oleh Direktorat  Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK), Kemenristek Dikti RI tahun 2021 ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Dan secara resmi dibuka langsung oleh Direktur PMPK Dr. Samto, dan berlangsung secara daring juga luring pada tanggal 13 sampai 27 Agustus 2021.

Dalam kegiatan magang literasi ini pula peserta dibekali pembelajaran dari narasumber Forum TBM Sumut, Direktorat PMPK, Penulis, dan para penggiat literasi yang ada di di Provinsi Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini Agung mengatakan bahwa kegiatan magang literasi ini merupakan bentuk kegiatan untuk meningkatkan jejaring literasi yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Selain dari pada kegiatan membaca dan menulis, sebut Agung,ilmu yang kita dapatkan pada saat pembelajaran ini nantinya akan kita implementasikan untuk menginovasi para pemuda yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai. Tentunya, untuk terus membuat Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di desanya masing masing, bilangnya.

” literasi itu perlu ditingkatkan dan digaungkan untuk mencerdaskan dan meningkatkan kreatifitas anak muda dan juga khususnya bagi mahasiswa ,” ujarnya Sabtu (28/8/2021).

Dikatakan Agung, bahwa salah satunya TBM lingkaran Desa Denai Lama Kecamatan. Pantai Labu Deli Serdang adalah sebagai pihak penyelenggara magang yang dikuti oleh 20 peserta Kabupaten & Kota lainnya yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

” Kegiatan literasi ini merupakan pintu masuk jendala dunia untuk dapat mengembangkan bakat dan potensi yang ada pada diri dan Desa,”imbuhnya.

Selanjutnya,menurut dirinya, pembelajaran management literasi, pengembangan dan Inovasi literasi ada tujuh litersi dasar, untuk membentuk sikap kerelawanan secara tulus dan ikhlas.

Diakhir penyampaiannya Agung juga berharap peran Pemerintah Kabupaten Sergai untuk turut mendukung penuh kegiatan literasi tersebut, agar semangat membangun literasi di desa dapat diwujudkan secara terus menerus mulai dari pengadaan buku sarana dan prasarana yang semakin meningkat sehingga semangat para relawan literasi untuk kegiatan literasi semakin kuat, Tutup agung. (*)

  • Bagikan