Kodim 0204/DS Melalui Koramil 09/TM Fasilitasi Vaksinasi Dosis 1 Desa Makmur

  • Bagikan

SERGAI,Metro24Sumut.com | Kodim 0204/Deli Serdang (DS), menggelar dan fasilitasi serbuan vaksinasi dosis I di Wilayah Teritorial Koramil 09/Teluk Mengkudu. Kegiatan vaksinasi tersebut merupakan bagian dari percepatan vaksinasi Covid-19 bagi warga Desa Makmur Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Sergai (Sergai). Provinsi Sumatera Utara. Selasa (31/8/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan di kantor Desa Makmur, diawali Registrasi/ pendaftaran peserta yang akan divaksin, pada pukul 09.20 Wib,ini menyasar pada masyarakat umum mulai dari petani, buruh, hingga nelayan.Total sasarannya pun mencapai 170 warga Desa Makmur.

Namun sebelum dilakukan penyuntikan Vaksin Sinovac (85 Vial), oleh pihak Kesehatan Puskesmas warga dilakukan Skrinning (pengecekan tensi, cek suhu tubuh, cek riwayat kesehatan), jika memenuhi persyaratan / kriteria maka ke proses penyuntikan Vaksin.

Danramil 09/TM Kapten Inf. Abdul Malik mengatakan masyarakat yang mengikuti vaksinasi berdasarkan pendataan dari masing-masing Dusun di Desa Makmur, bekerja sama dengan Koramil 09/TM dan Polsek Teluk Mengkudu. dan Kepala Desa Makmur. Dari pendataan tersebut didapatkan nama peserta vaksinasi dan diberikan undangan sehari sebelumnya.

“Peserta diikutkan berdasarkan nama dan alamatnya serta diberikan undangan untuk mengikuti vaksinasi massal sehari sebelumnya. Tujuannya, untuk menghindari kerumunan, kalau tidak berdasarkan data, dikhawatirkan akan terjadi tumpukan antrean warga yang antusias untuk divaksin,” ungkap Danramil 09/TM ditemui di lokasi vaksinasi.

Menurut Danramil,170 dosis yang didistribusikan ke warga merupakan alokasi vaksin dari Kodim 0204/ DS untuk menunjang percepatan vaksinasi Covid-19.

Diharapkan upaya yang dilakukan Kodim 0204/DS dapat membantu upaya percepatan vaksinasi di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, khususnya Desa Makmur yang ditargetkan.

“Kegiatan vaksinasi akan terus kami lakukan sesuai dengan perintah atasan sehingga semakin banyak warga yang mendapatkan vaksin dan segera terwujud herd immunity,” paparnya.

Kemudian kata Kapten Inf. Abdul Malik mengajak,bagi masyarakat yang berkeinginan mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 massal dapat menghubungi Koramil setempat dengan membawa data diri. Danramil 09/DS juga meminta pengurus kepala Dusun untuk aktif melakukan pendataan warganya yang belum tervaksin.

Danramil menambahkan,data yang terkumpul akan menjadi acuan untuk kegiatan vaksinasi selanjutnya. Data ini penting agar warga yang belum tervaksin menjadi jelas, katanya.

“Tentunya kegiatan ini akan mempercepat capaian warga yang tervaksin Covid-19. Saat ini sekitar 170 orang warga Makmur sudah melakukan Vaksinasi. Sehingga upaya kita belum cukup sampai di sini,” ungkapnya menutup usai memantau langsung berlangsungnya vaksinasi massal.

Turut hadir pada vaksinasi Dosis I Kodim 0204/DS, Danramil 09 /TM. Kapten inf. Abdul Malik, Kapolsek. Teluk Mengkudu. AKP. J. Sagala.Kapala Desa makmur Saprik SE , IPDA. D. Tarigan Personil anggota Babinsa Koramil 09/ TM, Anggota Polsek Teluk mengkudu dan masyarakat yang melaksanakan Vaksin serta Petugas Kesehatan kabupaten Sergai. (*)

  • Bagikan