Perkuat Konstruksi dan Estetika, Pengacian Talud Dilaksanakan Dibeberapa Titik

  • Bagikan

Sukoharjo, Metro24sumut.com

Meski masih panjang target yang harus diselesaikan, pengerjaan Talud jalan pada Pra TMMD Reguler ke 112 Kodim 0726/Sukoharjo di desa Majasto, Tawangsari, Sukoharjo ini di beberapa titik sudah mulai terlihat rapi. Hal ini dikarenakan proses tahapan finishing juga sudah mulai dicicil pada bagian-bagian talud yang sudah mulai mengering beberapa hari lalu.

Pemolesan talud melalui pengisian lepan akan dilanjutkan proses pengacian nantinya. Hal ini dilaksanakan untuk memperkuat struktur talud itu sendiri. Beberapa TNI dan warga tampak sedang melaksanakan proses pengacian dimulai dengan perataan lepan

Tampak dalam pekerjaan diantaranya adalah Sertu Juliyanto (Babinsa), Kaur Perencanaan Desa, Pak RW, Psk RT dan beberap tukang dari dukuh Sigobang, desa Majasto bersama warga masyarakat rami-ramai mendukung pekrjaan pembuatan talud ini.

Keberadaan Talud untuk jalan di persawahan yang terdapat saluran irigasi mutlak dibuat, karena berfungsi untuk mengawetkan jalan, karena membuat kondisi tanah jalan menjadi stabil serta menghindarkan abrasi tanah.

Adapun nantinya, setelah isian lepan pada talud mengering segera dilaksanakan pengacian Talud, selain mengawetkan konstrusi talud itu sendiri dari cuaca dan air hujan, talud yang sudah di aci juga bernilai estetika, konstruksi bangunan menjadi rapi dan enak dilihat. Ketinggiannya disesuaikan dengan keperluan dan ketinggian jalan, terutama mengutamakan di titik jalan yang rawan longsor serta dengan SOP bangun tersebut.

Sementara ini dibeberap titik konstruksi talud yang sudah mengering tampak Warga dan TNI mulai melaksanakan pengisian lepan dan beberap tempat pada lepan yang sudah mengering segera dilaksanakan pengacian. Sasaran talud masih panjang, warga masyarakat dan TNI tetap semangat, semetra pada Pra TMMD ini ploting pekerjaan fisik tetap fokus pada pembuatan talud jalan.

Penulis: Kemplu 72

Editor: Evi

  • Bagikan