Mobiler Tak layak Digunakan, Atap Seng dan Kayu SD Negeri 102033 Gempolan Nyaris Roboh

  • Bagikan

SERGAI, Metro24Sumut.com |        Sebagai orang tua murid Okta br Regar yang tinggal di Dusun IV Desa Gempolan merasa prihatin melihat kondisi bangunan sekolah SD Negeri 102033 Gempolan, Kecamatan Sei Bamban, Serdang bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Pasalnya, sekolah yang memiliki 52 orang murid ini dinilainya jauh dari perhatian dinas terkait. Karena kondisi bangunannya sekarang ini sangat rusak parah.

“Lihatlah bang, kawatnya sudah bolong kita takutkan bila angin kencang datang seng yang tergantung dan kayu yang lapuk di makan rayap roboh. Sayakan takut menimpa anak anak yang sedang belajar dan bermain,” bilang Okta kepada Metro24Sumut.com Jumat (1/10/2021). siang.

melihat kondisi sekolah tersebut, Okta menyatakan kekuatirannya,dimana saat ini ke tiga anaknya menjadi murid di kelas Enam, lima dan tiga SD Negeri 102033 itu.

“Mobiler yang di pakai murid untuk belajar dinilai tak layak digunakan,” ujarnya.

Pernah kami tanyakan kepada kepala sekolahnya kenapa bangunan sekolahnya seperti ini, kata kepala sekolah sudah diajukan cuma belum ada respon,” sambungnya.

Ia pun berharap sekolah yang sudah lama berdiri di Desa nya segera di perbaiki.

Salah satu warga sekitar dan enggan disebut namanya mengaku bahwa dirinya adalah mantan alumni SD Negeri 102033 Gempolan. Ia mengungkapkan kalau Sekolah dasar tersebut sudah lama ada sejak tahun 1976 bilangnya singkat.

Amatan wartawan Metro24Sumut.com saat menyambangi lokasi, pintu kelas serta lemari buku yang berada disalahkan ruangan kelas, tampak rusak dan habis dimakan rayap.

Mengingat emblem Negeri, tentu sekolah ini tak seharusnya berkondisi kan menyedihkan dan memprihatinkan seperti itu.

Sementara Plt Kepala Sekolah SD Negeri 102033 Gempolan, Kecamatan Sei Bamban, bermarga Simanjuntak, saat di konfirmasi wartawan mengatakan dahulu sudah pernah dikunjungi Kepala Dinas Pendidikan Sergai.

“Dulu sudah pernah di tinjau Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai. Namun, tidak ada tindakannya hingga sekarang ini,” ujar Simanjuntak melalui sambungan seluler.

Saat ini, SD Negeri 102033 memiliki siswa-siswi yang berjumlah 52 orang.

“Harapan kita pastinya, segera lah bangunan sekolah kami ini segera di perbaiki, biar murid dan guru yang mengajar nyaman,” ujar Simanjuntak.

Terpisah, Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Sergai, kepada wartawan Tresmin mengatakan hal yang senada dengan Plt Kepala sekolah SD 102033 Gempolan, Kecamatan Sei Bamban.

“Ya pernah-pernah sih pak ditinjau sama Kepala Dinas Pendidikan Serdang Bedagai. Tapi cemana kita bilang, namanya masih buat proposal,” ujar Tresmin melalui sambungan seluler.

Tresmin menambahkan, saat ini proposal untuk perbaikan sekolah SD Negeri 102033 Gempolan sudah masuk, dan masih menunggu.

“Sudah masuk, kita tunggulah dulu lah, mana mungkin begitu masuk langsung di tindak,” ujar Tresmin.

Saat disinggung, sudah berapa bangunan SD Negeri di Kecamatan Sei Bamban ini rusak, Tresmin menambahkan, sebelum ia menjabat menjadi korwil, bangunan SD Negeri 102033 Gempolan sudah rusak.

“Sebelum saya korwil, sudah kayak gitu bangunan sekolah itu. Mungkin adalah sekitar 4 tahunan. Soalnya saya baru menjabat korwil setengah tahun,” sebut Tresmin mengakhiri. (*)

  • Bagikan