Fakultas Ekonomi UNISLA dan Kawan Bung Hatta Menggelar Peluncuran dan Diskusi Buku Antologi Bung Hatta

  • Bagikan

Labuhanbatu, Metro24sumut.com|Fakultas Ekonomi Universitas Islam Labuhanbatu (Unisla) dan Kawan Bung Hatta Labuhanbatu menggelar Peluncuran Buku & Diskusi Buku Antologi Bung Hatta pada hari Sabtu, (02/10/2021) pukul 10.00 sd 13.00 WIB di Ruang Eksekutif RM. Cindelaras Jln. SM. Raja Rantauprapat.

Menghadirkan para nara sumber Dr.Mukhrizal Effendi,M.SP (Kurator & Dekan FE Unisla), Eiwan Budi Kuswara,S,Pd,M.Hum (Kabid. Kearsipan Dispursip Labuhanbatu), dan Arie Siregar, (Presiden Arus Kata) dengan Pemantik Diskusi Muhammad Zen Nasution, S.Pd, MM, (Penulis & Ketua IPI Labuhanbatu), para penulis buku yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Gbr. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Labuhanbatu (Unisla) dan Kawan Bung Hatta Labuhanbatu menggelar Peluncuran Buku & Diskusi Buku Antologi Bung Hatta

Acara ini juga menampilkan Musikalisasi Puisi dari buku Antologi Bung Hatta dari Event Kawan Bung Hatta. Acara Lonching Buku ini baru kali ini satu-satunya di adakan di kampus yang di kabupaten Labuhanbatu yakni Unisla (Universitas Islam Labuhanbatu) Fakultas Ekonomi yang di pimpin oleh Bapak Dekan Dr.Mukhrizal Effendi,M.SP yang berani menggelar Peluncuran Buku & Diskusi Buku Antologi Bung Hatta, sehingga perlu apreasi besar kepada kampus Unisla yang tercinta ini.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Labuhanbatu (Unisla) Dr.Mukhrizal Effendi, M.SP. dalam sambutannya mengatakan “ Acara Lonching Buku Antologi Bung Hatta mengambil makna tentang mencari para bakat penulis baru hasil karya kumpulan puisi, cerpen atau karya sastra tentang keteladan sosok Bung Hatta yang merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia yang ke-2. Juga mengenang 119 tahun sosok Bung Hatta dan memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang Ke-76.

Sosok Bung Hatta kecintaan dengan buku sangat tinggi, Lepas dari jabatannya sebagai Wakil Presiden, Bung Hatta menjadi seorang penulis buku dan pengajar. Hingga Beliau sampai mendapatkan gelar kehormatan dari dua kampus, yakni Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Hatta adalah seorang negarawan yang rela dipenjara oleh penjajah Belanda saat itu, apabila masih diperbolehkan membaca buku, ujar Mukhrizal

Eiwan Budi Kuswara, S,Pd, M.Hum, selaku Kabid Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Arsip Labuhanbatu mengatakan Dari sejarah “Hatta pernah mengatakan, ‘Aku rela dipenjara asalkan bersama buku. Dengan buku aku bisa bebas’, Kecintaan Hatta pada buku, bukan hanya di lingkup akademis, tetapi juga dalam aspek-aspek lain dalam hidupnya. Bahkan saat Hatta menikah, mas kawin yang dia berikan kepada Bu Rahmi, calon istrinya kala itu, adalah karya tulisnya berjudul ‘Alam Pikiran Yunani’.

Gbr. Nara sumber Dr.Mukhrizal Effendi,M.SP (Kurator & Dekan FE Unisla), Eiwan Budi Kuswara,S,Pd,M.Hum (Kabid. Kearsipan Dispursip Labuhanbatu), dan Arie Siregar.Mohammad Hatta atau akrab disapa Bung Hatta adalah satu dari sedikit pejabat yang semasa hidupnya patut menjadi teladan bagi generasi penerusnya. Mengenang sosok Bung Hatta tidak pernah terlepas dari pribadinya yang jujur, lugu dan bijaksana, katanya.

Pemantik Diskusi Muhammad Zen Nasution, S.Pd,MM (Penulis & Ketua IPI Labuhanbatu) mengatakan “Sosok Bung Hatta orang yang sederhana, islami, memiliki karakter yang baik, terlahir dari keluarga yang relius dan merupakan tokoh literasi, dan acara ini sangat baik di gelar sehingga di peroleh Generasi Bung Hatta, dimana generasi saat ini sangat menyadari bahwa tidak mungkin mereka memahami keadaan dunia jika bukan karena buku.

Membaca telah menjadi jendela mereka kepada alam pemikiran baru sehingga mereka mengerti keadaan Indonesia. Buku ini sangat baik di mana menghadirkan kembali sosok bung Hatta di dalam buku ini dan di harapkan akan lebih banyak lagi para penulis-penulis berbakat untuk menulis buku sosok Bung Hatta. / AS

  • Bagikan