Tak ada Plank Proyek, Pekerjaan Saluran Air di Tebing Tinggi jadi Sorotan Warga

  • Bagikan

T. Tinggi, Metro24sumut.com

Pengerjaan Proyek saluran air di  jalan Gunung LKMD Lk.I Kelurahan Lalang,Kecamatan Rambutan, Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara menuai sorotan warga dan menimbulkan pertanyaan bagi publik, Minggu (10/10/21)

Seperti yang disebut dalam Undang – Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 Tahun 2008 serta Perpres Nomor 54 Tahun 2010 dan Nomor 70 Tahun 2012, mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai dari APBN dan APBD wajib memasang papan nama proyek yang memuat jenis dan lokasi kegiatan, nomor kontrak, waktu pelaksanaan dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pekerjaan.

Pengamatan awak media di lokasi pengerjaan proyek  yang sudah berjalan selama sekitar satu minggu, tidak ada papan informasi atau papan proyek.

Ada warga yang menyebut  proyek tersebut seolah “Proyek Siluman” dan bahkan menduga besaran nilai kontrak mencapai 300 juta an, yang disinyalir sengaja tidak ada papan proyek untuk menutupi dari pandangan masyarakat.

“Proyek yang dikerjakan tanpa menggunakan papan nama itu indikasinya sebagai trik untuk menutupi agar tidak termonitoring besaran anggaran dan sumber anggaran”, kata warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Ketika di konfirmasi kepada mandor pekerja yang berada di lokasi…tidak bersedia dilakukan konfirmasi dan selalu mengelak.

Saat ditemui Kepala Lingkungan I Iriadi menyebutkan, dirinya tidak mengetahui besar anggaran proyek namun sudah menyampaikan ke mandor pekerja agar segera memasang papan proyek dan sampai saat ini plank proyek dimaksud tidak ada dipasang walau sudah diingatkan, “Saya pun sebagai Kepling Lk.I tidak ada diberitahu adanya pengerjaan pembangunan saluran air di lingkungan saya”. katanya.

Diharapkan agar pihak terkait dapat melakukakan pengawasan administrasi dan teknis pengerjaan proyek agar tidak menimbulkan asumsi adanya dugaan penyelewengan dana pengerjaan pembangunan tersebut.
(GSM/red)

  • Bagikan