Soal Sampah Sebarkan Aroma Busuk di Pasar Pagi Pekan Sialang Buah Warga  Sekitar Minta Dinas LH Sergai Tegas

  • Bagikan

SERGAI, Metro24Sumut.com |          Warga sekitar Pekan Sialang Buah resah. Keresahan masyarakat tersebut akibat mencium aroma tak sedap yang berasal dari tumpukan sampah pasar pagi Pekan Sialang Buah yang berlokasi di Dusun V Desa Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Provinsi Sumatera Utara.

“Bau tak sedap sekali aroma sampah itu yang di pajak pagi pekan Sialang buah, apalagi musim hujan ini. Seharusnya sampah itu cepatlah di angkat. Dan lagi pula didekat tak jauh dari tumpukan sampah itu ada gedung Sekolah, kan kasihan pelajar itu saat proses mengajar dan belajar berlangsung para murid dan guru selalu mencium bau busuk dari aroma sampah tersebut,” Demikian dikatakan Sopian (46) warga Dusun V Pekan Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu Kabupaten Sergai. Kepada Metro24Sumut.com Rabu (20/10.2021), pukul, 10:00 WIB di pasar pagi pekan sialang buah.

Sopian mengaku, aroma bau busuk dari sampah yang lama di angkut itu bila di bawa angin
sangat menggangu masyarakat sekitar, belum lagi di pasar pagi pekan Sialang Buah itu ada beberapa pedagang yang menjual makanan sarapan pagi. Soalnya, pengunjung dan pedagang yang sarapan kan jadi terganggu sebab aroma busuk itu.

” Maunya dinas yang menangani sampah itu cepatlah mengangkutnya, agar
tak sampai melimpah dan berserak ke tanah dari bak tempat penampungan sampah itu, sehingga menimbulkan bau tak sedap apalagi di musim penghujan saat ini. Lihat Pasar yang lain sampah di lokasi bersih dan tak bau. Jangan hanya diduga dikutip uang sampah tapi sampah lama di angkut,” ujarnya kesal mencium aroma busuk.

Sebagai warga sekitar sopian berharap agar dinas yang menangani persampahan secepatnya mengangkut sampah di pasar pagi Desa pekan Sialang Buah itu.

Hal senada juga disampaikan Irwan (37) Warga Dusun V Pekan Sialang Buah, ia mengatakan, pasar pagi Desa pekan Sialang Buah ini setiap hari, ditambah lagi saat hari Rabu dan Sabtu ada pekan, sehingga sampah semakin banyak. Jadi bila lama di angkut, sampah itu menumpuk dan mengeluarkan aroma busuk.

” Akibat dari sampah yang mengeluarkan aroma tak sedap itu kan diduga bisa menyebabkan penyebaran penyakit. Saat ini aja kita lagi menghadapi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, haruskah masyarakat menghadapi penyakit lagi dari penyebaran aroma bau busuk sampah itu,” bilangnya di lokasi.

Terakhir, Ia juga berharap agar Dinas Lingkungan Hidup (LH) yang menangani sampah mempertegas anggotanya khususnya dipasar pagi pekan Sialang Buah untuk mempercepat pengangkutan sampah tersebut.

” Kami selaku warga berharap Dinas LH Sergai harus tegas dalam penanganan sampah,” imbuhnya mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sergai Panesian Tambunan ketika di konfirmasi Metro24Sumut,com terkait  sampah yang lama di angkut sehingga mengeluarkan aroma tak sedap di pasar pagi Pekan Sialang Buah  melalui pesan WhatsApp dan beberapa kali di hubungi via seluler  belum  memberikan jawaban.

( *)

  • Bagikan