Harapkan APD Makin Memajukan Desa, Bimtek Lembaga Pendamping Pusdiklat Lapin Berjalan Sukses

  • Bagikan

Deliserdang, Metro24sumut.com

Bimbingan Teknik (Bimtek)  yang diselanggarakan Lembaga Pendamping Pusdiklat Lapin di Hotel Wing, jalan Sultan Serdang No.88 tumpatan nibung , Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang ,Sumatera Utara berjalan dengan lancar dan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Humas Panitia pelaksana,  Lembaga Pendamping Desa Subdiklat Lapin  dan juga Aktivis di Medan, Pandapotan Siregar menjelaskan Adapun peserta bimbingan teknik (Bimtek) sengaja di buat menjadi beberapa  bagian  pesertanya,karena jumlah peserta mencapai ratusan peserta bimtek.

Sementara sebagian peserta yang sudah memiliki jadwal jam yang sudah di tentukan panitia berada sebagian lagi di dalam kamar hotel wing. Untuk menjaga protokol kesehatan (Prokes) yang di tetapkan oleh kementerian kesehatan agar tidak berkerumun padat di lokasi bimtek tersebut.
Adapun kegiatan bimtek yang tertema “Manajemen Pelayanan Publik Bagi Aparatur Pemerintahan Desa” dengan peserta dari Kabupaten Padang Lawas Utara ( Paluta).

“Kami juga selaku panitia telah melaporkan kegiatan bimtek ke satgas covid19 kabupaten deli serdang, maupun Aparat penegak hukum (APH) batang kuis deli serdang,” pungkasnya.Rabu (3/11/21) kepada wartawan.

Dalam kesempatan itu, salah satu peserta Bimtek,  Kepala desa (Kades)  Ambasan Natigor ,Kec. Padang bolak Kab. Padang Lawas Utara (Paluta) Sumatera Utara, Manaruddin Harahap, menyampaikan anggaran yang di pakai bimtek juga menggunakan dana desa.

Ada bimtek Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 untuk melaksanakan ketentuan Pasal 21 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah diubah, terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, perlu menetapkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 (Permendes Nomor 13 Tahun 2020).

Manaruddin harahap menambahkan, Panitia yang membawa acara cukup bagus pelayanan dan fasilitas serta selalu mengajak untuk masuk keruangan disetiap kegiatan dari pihak lembaga, untuk mendengarkan materi yang di sampaikan dari Narasumber.

“Saya merasa materi yang di terapkan cukup bagus saya juga sempat  mengucapkan terimakasih kepada panitia yang begitu jelas menerangkan materi nya satu persatu. Dari bimtek ini banyak manfaat yang kami dapat dan memberikan motivasi untuk lebih memajukan desa kedepan” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan pesrta lain, Amsarruddin Kepala Desa (kades) sekaligus peserta dari Batu Pulut, Kec. Batang Onang, Kab. Padang Lawas  Utara.

“Adanya bimtek ini sangat membatu dan menambah pengetahuan serta  wawasan kepala desa ,sekrtaris dan muapun kaur desa , khusus nya saya untuk mengelola dana desa dengan baik. Kami juga telah menerapkan di desa batu pulut khusus nya.” Kata Amsarruddin.

Begitupun mengenai undang-undang Desa memandatkan bahwa tujuan pembangunan Desa adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana Desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Yang dimaksud dengan berkelanjutan adalah pembangunan Desa untuk pemenuhan kebutuhan saat ini dilakukan tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi Desa di masa depan, pungkasnya. (Evi)

  • Bagikan