banner 728x90

Mahasiswa ULB Ubah Limbah Nasi Basi Menjadi POC

Labuhanbatu, Metro24Sumut.com

Mahasiswa Universitas Labuhanbatu Fakultas Sains dan Teknologi Program Studi Agroteknologi mengubah limbah nasi basi menjadi Pupuk Organik Cair (POC) yang berguna bagi tanaman.


Seperti yang kita ketahui limbah rumah tangga seperti nasi basi hanya dibuang dan ditumpuk ditempat sambah saja, Wiwit Arif Mahardika (21), salah satu mahasiswa memiliki ide dan gagasan untuk memanfaatkan limbah rumah tangga tersebut menjadi pupuk organik cair(POC).

“Hasil olahan ini dapat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekaligus memberitahu bahwa limbah nasi basi dapat dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang memiliki nilai berguna” ujar Wiwit.

Pembuatan Pupuk Organik Cair ini dilakukan pada hari Selasa, (02/11/2021) dan pembuatannya juga tergolong mudah dan murah kerena bahan utamanya gratis serta banyak tersedia sehingga mudah diterapkan dengan adanya pendukung lainnya seperti EM4 atau gula merah.

Proses pembuatannya yaitu siapkan nasi basi lalu masukan dalam wadah yang sudah diisi air(air sumur atau hujan) dan tambahkan gula lalu tutup untuk proses fermentasi selama 7 hari. Proses ini dinyatakan berhasil apabila penutup wadah tercium aroma tape.

Pengaplikasian pupuk dapat dilakukan dengan cara melarutkan terlebih dahulu dengan air biasa dengan perbandingan 1:4, yaitu 1 Liter POC dilarutkan dengan 4 Liter air setelah itu baru diaplikasikan dengan cara disiramkan langsung ketanaman.

Harapannya kegiatan bisa dijadikan contoh bagi masyarakat untuk mengurangi pengguna pupuk kimia, mengurangi biaya pembelian pupuk kimia serta menjaga kesehatan lingkungan dan dapat diaplikasikan oleh masyarakat baik dalam skala besar maupun skala kecil.(AS)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif