Gelar Pelatihan Da’i : Strategi Dakwah Untuk Pemuda Milenial

  • Bagikan

 

Langkat,Metro24sumut.com|Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Langkat mengadakan kegiatan Pelatihan Da’i dengan tema, “Da’I Millenial, Wujudkan Peradaban Islam Berkemajuan” pada Jum’at-Ahad, 5-7 Nopember 2021. Pada kesempatan yang baik itu Ketua Pemuda Muhammadiyah Langkat menyampaikan “Kalo kita berbicara tentang dakwah, dakwah itu sebenarnya banyak yang harus dikembangkan, para Pemuda diharapkan yang akan melanjutkan dan mengembangkan strategi dakwah di kemudian hari. Ajakan seruan untuk suatu kebaikan, obyek yang dituju yaitu manusia pada umumnya. Dakwah pun harus menembus segmentasi yang ada, berbagai latar belakang khusus kalangan millenial.” Ucap Irfan, MA Ketua PD PM Langkat
Berkaitan dengan dakwah yang merupakan seruan ajakan ayat Al-Qur’an dalam Q.S An-Nahl ayat 125 :
“Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik, dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.”Dalam acara tersebut, hadir Narasumber : Ketua PD Muhammadiyah Langkat H. Sujarno, S.Sos, M.Si, Dr. Munawir Pasaribu, MA Wakil Ketua Bidang Dakwah PW. PemudaMuhammadiyah Sumut, yang Juga Dosen UMSU, Sarifuddin, S.Pd, M. Faisal Amri Al-Azhari, M.Ag Serta para Intruktur Da’i yang di mandatkan PW. Pemuda Muhammadiyah Sumut untuk mengisi acara tersebut dengan memberikan pengetahuan tentang da’i dan tuntutannnya di era milenia 4.0 sekarang ini.

Program Pelatihan Da’i ini sebagai bukti kontribusi pergerakan bidang dakwah untuk para Da’i muda melalui metode dakwah Bil Lisaan,Bil Hal dan tuntutan perlunya da’i muda sebagai estafet pelanjut para ustadz yang makin hari, makin berkurang. Ucap Ketua panitia Pelatihan Da’i yang juga Wakil Ketua Bidang Dakwah PD. Pemuda Muhammadiyah Langkat, Amru Akbar Perangin-angin, S.Pd

Pada acara tersebut di ikuti oleh 32 Peserta dari berbagai cabang Pemuda Muhammadiyah di Langkat, dan merekapun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Sebagai Rencana tindak lanjut di harapkan Alumni Pelatihan Da’i ini dapat menjadi da’i di masjid-masjid, minimal menjadi Pembawa acara, pengajian singkat (Kultum) ataupun Khatib Jum’at. Lanjut ucap Ketua Panitia.

Berkaitan tentang dakwah, Irfan, MA. menyampaikan hari ini dakwah harus mampu menggunakan semua yang ada di sisi kita, terlebih di era globalisasi banyak media yang bisa digunakan sebagai sarana berdakwah seperti sosial media, Youtube, Instagram dan lain sebagainya.(red)

  • Bagikan