PT Inti Sawit Di Demo Masyarakat Terkait Bau Limbah

  • Bagikan

Serdang Bedagai, Metro24sumut.com

Masyarakat Dusun 2 Sei Sijenggi Desa Sei Sijenggi Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara, Senin (1/11) mendatangi Kantor Desa Sei Sijenggi meminta kepada aparat Desa untuk bisa menutup Pabrik pengolahan inti sawit yang limbahnya sangat bau menyengat hidung.

Emak – emak yang mendatangi kantor Desa Sei Sijenggi berjumlah puluhan orang ini meminta kepada Kepala Desa untuk bisa mengatasi bau Limbah yang di akibatkan adanya Pabrik pengolahan inti yang membuang limbahnya diparit dekat dengan perumahan warga, hal ini membuat aroma tak sedap setiap hari.

Sekdes Sei Sijenggi saat dikonfirmasi awak media ini, Jumat ( 5/11/2021) ” kami dari Desa sudah menyurati pihak pabrik PT Inti Sawit Jumat itu juga agar pihak Pabrik untuk bisa hadir ke Kantor Desa untuk dapat menyelesaikan keluhan warga atas limbah yang menyengat hidung karena membuang limbah pabrik sembarangan.

“Saya berharap agar pihak Pabrik bisa segera mengatasi keluhan warga, dan sampai hari saya belum mendapat laporan apakah sudah ada mediasi dengan warga karena saat pemanggilan kami Kades dan saya ada rapat di Kantor Kecamatan.

Balai Desa Sei Sijenggi saat dikonfirmasi awak media ini, Jumat ( 5/11/2021) ” kami dari Desa sudah menyurati pihak pabrik PT Inti Sawit Jumat itu juga agar pihak Pabrik untuk bisa hadir ke Kantor Desa

Saat awak media bertanya soal ijin operasinya ” soal ijin operasinya kami pihak Desa belum mengetahui pasti ijin operasinya.

Tak hanya itu awak media ini juga meninjau lokasi baunya limbah akibat pengolahan dari Pabrik PT Ini Sawit, yang diketahui pemilik  berinisial ‘M’.

Saat di jumpai warga sekitar yang tak mau disebut identitas, Sabtu (6/11) Pabrik inti sawit ini sudah sangat di kenal di wilayah kami ini dengan sebutan pabrik Kolak, karena pabrik ini membeli inti yang jelek dengan dicampur inti yang bagus makanya kami menamai Pabrik “kolak”.

Tak hanya itu saja pabrik ini juga selama ini memproduksi Crasing ( pemecah ) Noten menjadi inti dan menghasilkan minyak PKO Namun ternyata sesuai hasil monitor awak media sesuai dengan fakta keterangan org dlm yg tdk mau di sebutkan identitas Nya Pabrik Inti Sawit tersebut ternyata menjual Inti yg di duga telah di kolak denga inti yg jelek dengan inti yg bagus dan menurut info pabrik tersebut menjual barang inti hasil kolakan tersebut di salah satu ke Pabrik di duga Musimas KIM 1 , MNA Kuala Tanjung , SMART BELAWAN Medan dan pabrik ini sedikitnya sangat meresahkan bagi warga sekitar karena limbahnya sangat bau menyengat .

Awak media ini juga mencoba untuk berkoordinasi kepada pihak pengelola pabrik yang di sebut PT Inti Sawit yang diketahui pemilik berinisial “M”, terkait limbah dan ijin operasinya tetapi saat di sambangi pintu pabrik tertutup rapat dan tak terbuka.

Sumber : Raiyan

 

  • Bagikan