Air Sungai Meluap, Warga Pemukiman Bantaran Sei Bahilang Tebingtinggi kembali Cemas

  • Bagikan

Tebingtinggi, Metro24sumut.com

Air sungai sei Bahilang meluap sehari semalam dan surut hanya beberapa jam saja sehingga rumah warga yang berada di wilayah Kelurahan Mandailing, Tebingtinggi, Selasa (9/11/21).

Bagi warga yang terutama bagi warga kampung Rao dan Kurnia yang paling merasakan dampaknya, terendam air sepanjang hari mulai Senin 8 / 11/2021.
Terlebih pada warga yang rumah berada di bantaran lebih rendah berakibat terendam air lebih parah yang mengakibatkan rusaknya perabotan rumah…(10/11/21).

Dari pantauan awak Media air sudah meluap dari hari Senin hingga Selasa pagi, baru tampak surut, sehingga warga yang rumah nya terendam banjir bergegas menguras lumpur untuk menjaga berkembangnya efek kuman sehingga menghindari penyakit.

Oleh karena luapan air selalu berulang dan sulit di prediksi kapan luapan air datang membuat warga cemas dengan keselamatan anak tertimpa penyakit, disamping itu pula kecemasan mereka terhadap hewan melata dan berbisa seperti ular atau pun biawak masuk kerumah mereka yang terbawa oleh arus air banjir

Terlihat seorang ibu menjerit melihat seekor ular yang cukup lumayan besar sedang berenang di pekarangan warga yang mana semula ibu tersebut mengira itu adalah seekor ikan,

” Masih baik ada seorang pemuda yang berani dan menangkap ular tersebut, kemudian diamankan… khawatir masuk kerumah warga saat tidur malam..”. Kata warga kepada awak media.

Dalam situasi banjir yang sedang terjadi menurut warga setempat belum ada pihak instansi terkait yang turun termasuk dari pihak BNPBD kota Tebingtinggi, yang memberikan bantuan atau pun tanggap bencana, seperti mendirikan posko,atau pun bantuan logistik.

“Ataukah hal ini dianggap hal yang biasa ataukah menunggu air setinggi atap  barulah di respon dan menjadi di perhatian”. ungkap salah seorang warga yang tak ingin disebutkan namanya.

Bagaimana pandangan pimpinan wilayah di Kota Tebing Tinggi menyikapi nasib warga yang selalu menerima situasi banjir, apakah belum menemukan solusi ataukah menunggu akhir periode saja, sebut warga (GSM/Evi)

  • Bagikan