Praktek Bengkel Otomotif Pengenalan Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Di SMK Pemda Rantauprapat Labuhanbatu

  • Bagikan

Labuhanbatu,Metro24Sumut.com

Pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di sekolah SMK Pemda Rantauprapat setelah pembelajaran teori maka selanjutnya di laksanakan praktek dan cara pemakaian Perkakas atau peralatan Bengkel Otomotif, Praktek ini di kerjakan pada Bengkel Praktek sekolah di SMK Pemda Rantauprapat Jl.KH.Dewantara Kamis, (11/11/2021)

Materi yang di ajarkan adalah pengenalan perkakas Bengkel seperti Obeng, Tang, kunci-kunci, Kikir, Palu, Pemotong Plat,Bor tangan dan Bor Mesin dan berbagai macam peralatan lainnya. Bagaimana bentuk peralatan tersebut dan kegunaannya. Materi ini di ajarkan oleh guru bidang studi Awaluddin Siregar,ST,MP dan di pandu oleh ketua program studi Otomotif Rusliandi,ST.

Awaluddin Siregar,ST,MP selaku guru bidang studi mata pelajaran PDTO saat di wawancara kepada media menuturkan “Tujuan praktek bagi siswa yang pertama adalah diharapkan dapat mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah sehingga dapat diterapkan dengan baik. yang kedua adalah dapat membentuk pola pikir yang konstruktif pola pikir bagi siswa pada saat parktek, sehingga dapat melihat peluang di masa depan., yang ketiga adalah Bisa melatih siswa untuk berkomunikasi atau berinteraksi secara profesional di dunia kerja yang sebenarnya. Sehingga tidak merasa takut atau canggung lagi berkomunikasi secara profesional.

“ Yang keempat adalah dapat membentuk etos kerja yang baik bagi siswa-siswi. Sehingga kedepannya siswa dapat menjadi sosok lulusan dan berkualitas., yang kelima adalah bisa menambah dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa, dan terakhir yang keenam adalah dapat menambah jenis keterampilan yang dimiliki oleh siswa agar dapat dikembangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari setelah tamat sekolah.”katanya.

Ketua Program Studi Otomotif Rusliandi,ST. SMK Pemda Rantauprapat menyampaikan,” Praktek Bengkel Otomotif ini memiliki manfaat besar bagi siswa itu sendiri, di antaranya: Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang sesuai dengan tuntutan zaman, Mengasah keterampilan siswa yang di berikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan RPP dan silabus. Menambah keterampilan siswa, pengetahuan para siswa, gagasan-gagasan seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal jika tamat sekolah nanti.

“ Membentuk pola pikir siswa -siswi agar terkonstruktif baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja setelah tamat sekolah, Meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam mendidik siswa dan melatih tenaga kerja bagi siswa yang berkualitas, dan yang terakhir mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi informasi dan komunikasi terkini.” tutupnya.(Redaksi)

  • Bagikan