Bupati Sergai Gelar Rapat Terbatas Atasi Banjir Dolok Masihul

  • Bagikan

SERGAI, Metro24sum.com. |Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Provinsi Sumatera Utara melakukan serangkaian aksi gerak cepat meninjau kondisi banjir di Kecamatan Dolok Masihul.

Dalam mengatasi dan meminimalisir banjir, Bupati Sergai H. Darma Wijaya segera memimpin rapat terbatas (ratas) dengan agenda penanganan banjir di Sergai, terutama di Dolok Masihul, bertempat di kediaman pribadi Bupati, Desa Dolok Manampang, Kecamatan Dolok Masihul, Rabu (17/11/2021).

Bupati menyebut, bencana banjir yang menimpa warga di Dolok Masihul punya penyebab yang mirip dengan banjir yang juga tejadi di kecamatan lain seperti Sei Rampah dan Tanjung Beringin, yaitu sungai yang tidak lagi mampu menampung debit air hujan yang beberapa hari ini sangat tinggi.

“Karena aliran air sungai terhambat, akhirnya air naik dan meluap ke areal pemukiman warga, terutama yang tinggal di sekitaran bantaran sungai,” jelas Bupati.

Dari hasil pengamatannya, hujan yang mengguyur sejak malam hari sebelumnya sampai pagi hari membuat sungai yang melintasi Dolok Masihul meluap, sehingga mengakibatkan banjir setinggi betis orang dewasa.

Sebagai tindakan yang bisa segera diambil untuk mempercepat proses surutnya air, Darma Wijaya memerintahkan Kepala Dinas PUPR, Johan Sinaga untuk mengerahkan alat berat.

“Alat berat akan diturunkan untuk memperlancar aliran air. Semoga drainase sungai di Kecamatan Dolok Masihul bisa segera normal kembali dan air segera surut,” harapnya.

Terakhir Bupati mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada karena cuaca ekstrim, sesuai prediksi BMKG, tampaknya belum usai sehingga dikhawatirkan air naik kembali.

Dalam kunjungannya ini, Bupati Sergai bersama pihak terkait menyerahkan bantuan kebutuhan pokok seperti beras sebanyak 137 goni dan bahan makanan lainnya serta terpal kepada para warga Dolok Masihul yang terdampak bencana banjir. Bantuan ini dipusatkan di Kantor Lurah Pekan Dolok.

Data sementara yang diperoleh dari BPBD Sergai, tercatat 718 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir. Rinciannya, 340 KK di Desa Pekan Dolok, Pekan Kamis 270 KK, Desa Bantan 10 KK dan Desa Tegal Sari 8 KK.

Ikut mendampingi Bupati dan ikut dalam ratas antara lain, Asisten Administrasi Umum Ir. Kaharuddin, MM, Kadis Perkim Sofyan Suri Siregar, S.Sos, MM, Kadis Sosial Arianto, S.Pd, M.Si, Kadis Pertanian Dedi Iskandar, SP, MM, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Henri Suharto, SH, MAP dan Camat Dolok Masihul Gunawan Jaya Wardana Hasibuan, S.STP. (*)

  • Bagikan