Pimpinan dan Anggota Banmus, Undang Ketua DPRD Labura Paripurna Kembali

  • Bagikan

Labura, Metro24sumut.com| Undangan Pimpinan dan anggota Badan Musawarah (Banmus)  DPRD Labura yang ditanda tangani oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Utara, H. Indra Surya Bakti Sumatupang, SH, MKn, tertanggal 8 Desember 2021 dengan Nomor Surat : 095/324/DPRD/2021 perihal Penjadwalan Ulang Rapat Paripurna Pengesahan APBD TA 2022, dan perubahan jadwal kerja DPRD labura Jum’at (10/12).

Pengundang Pimpinan dan anggota Badan Musyawarah (Banmus) Lembaga Perwakilan Rakyat (DPRD) itu, untuk kembali menjadwalkan kembali Rapat Paripurna Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2022 dan perubahan jadwal agenda kerja DPRD disana, Jum’at (10/12).

Mengetahui adanya agenda pengulangan jadwal tersebut wartawan metro24sumut.com mendatangin, ingin melihat, dan mengetahui jalannya rapat paripurna sesuai hari dan waktu dijadwalkan, namun tidak ada satupun anggota (Banmus) atau Pimpina Dewan yang hadir disana. Dan pintu ruangan yang biasa digunakan paripurna tersebut tergembok, menandakan bahwa kegiatan pada hari dan waktu dijadwalkan pada surat itu, kenyataan tidak ada.

Menyigapi dengan hal teraebut wartawan mencari informasi dikantor DPRD labura tersebut dari Plt. Kasubag Humas dan Protokoler, M. Syafrizal Lubis, SE, ketidak hadiran para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Derah (DPRD) itu, karena berbenturan dengan jadwal dan kegiatannya masing-masing, baik itu Pimpinan, maupun anggota Banmus yang sedang ada kerjaan luar, dan perjalanan Dinas luar daerah.

Dalam hal ini, dia tidak menampik kebenaran undangan rapat tersebut ada pada saat itu. Namun, saat disinggung alasan penjadwalan kembali rapat pengesahan APBD TA. 2022, dirinya tidak bisa menjawab karena yang mengagendakan rapat itu adalah Ketua DPRD, H, Indra Surya Bakti Simatupang, SH, MKn melalui Kepala Bagian (Kabag) Persidangan DPRD Labura, T. Silaban, ST.

“Nggak ada ku bilang tidak ada undangan untuk rapat. Yang pastinya, saat ini semua anggota Dewan masih dalam kegiatan perjalanan dinas luar daerah, makanya rapat itu tidak terlaksana. Kalau alasannya, aku ya nggak tahu, yang mengagendakan Pimpinan Dewan melalui Kabag Persidangan,” aku Syafarizal saat ditemui diruangannya, Jumat (10/12).

Sementara Ketua DPRD Labura, H. Indra Surya Bakti Simatupang, SH, MKn ditanya wartawan melalui pesan WhatsApp, Sabtu (11/12) terkait digelarnya kembali rapat paripurna pengesahan APBD TA. 2022, ia akan menjawabnya hari Senin nanti seusai rapat Banmus di tanggal 13 Desember 2021.

Lanjut wartawan bertanya, mengapa ada rencana rapat paripurna kembali setelah APBD TA. 2022 telah disahkan pada tanggal 01 November 2021, Sekretaris DPD Partai Golkar itu pun kembali menerangkan akan menjelaskannya pada hari senin nanti. “Hari Senin 13 Desember 2021 setelah rapat Banmus disampaikan yo dinda. Seninlah dikabari yo dinda,” tulisnya dalam pesan.

Terkait paripurna pengesahan APBD TA. 2022 yang telah diselenggarakan sebelumnya pada tanggal 01 November 2021 dini hari oleh Ketua DPRD Labura. Tapi pengesahan APBD TA 2022 labura tersebut mendapat penolakan dari beberapa Fraksi disana. Misal, Fraksi Nasdem, PKB, PDIP dan salah seorang anggota DPRD dari partai PKS.

Dengan adanya penolakan Pengesahan APBD TA 2022 tersebut, fraksi yang menolak menyuratin Gubernur Sumut, perwakilan BPK Sumut, Mendegri, dan Kepala staf kepresidenan,  atas Pengesahan APBD oleh Ketua DPRD Labura itu salah dan cacat, melihat pada PP No. 12 Tahun 2018 tentang tata tertib DPRD, Permendagri No. 27 Tahun 2021 tentang pedoman penyusunan APBD, dan Peraturan DPRD Labura No. 3 Tahun 2020.

Dan disinyalir pengesahan itu tidak dilaksanakan dengan cukup kuorum 2/3 kehadiran anggota DPRD saat paripurna, oleh sebabnya Ketua DPRD dinilai arogan yang telah mengetok palu pengesahan APBD TA. 2022 tanpa persetujuan anggota mencapai 2/3 dari 35 anggota DPRD.

Sementara, Ketua DPRD, H. Indra Surya Bakti Simatupang, SH, MKn memberikan pernyataan dibeberapa media cetak dan elektronik kalau paripurna pengesahan APBD sudah mencukupi kuorum dengan disetujui oleh tujuh Fraksi di DPRD Labura yang artinya APBD TA. 2022 dimaksud telah disahkan. (TT)

  • Bagikan