Jangan Sampai Makan Korban, Jalan Provinsi di Kabupaten Sergai Rusak Berat

  • Bagikan

SERGAI, Metro24Sumut.com |          Jalan Kabupaten Serdang Bedagai yang sudah diserahkan ke Provinsi dan menjadi akses Jalan Provinsi Sumatera Utara yang melewati Kampung Bogak Kecil Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu hingga ke Desa Nagur Kecamatan Tanjung Beringin kini Rusak berat.

Jalan Provinsi tersebut yang diperkirakan sepanjang 7 Km itu saat ini sangat sulit dilalui Kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Masyarakat pengguna jalan yang melintasi jalan yang penuh lubang sangat dalam itupun merasa was was dan kawatir.

Amatan Metro24Sumut.com Jalan Provinsi yang menjadi akses jalan penghubung antar kecamatan merupakan jalan alternatif bagi kendaraan pengangkut hasil pertanian dan hasil laut menuju Kota Medan dan Kota Tebingtinggi

Rusaknya badan jalan tersebut menimbulkan kesulitan bagi pengendara berbagai jenis kendaraan melewatinya bahkan nyaris terjadi kecelakaan tunggal hingga bisa berdampak kendaraan roda dua, empat dan truk colt diesel membawa barang terguling.

Salah satu warga Desa Pematang Guntung Dewi (30) kepada
Metro24Sumut.com Sabtu (25/12/2021), menuturkan, kondisi badan jalan rusak ini sudah sangat lama terjadi dan informasi yang diketahui bahwa jalan penghubung kecamatan ini merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memperbaikinya.

“Masyarakat sangat berharap dibawah kepemimpinan Gubsu Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur Sumut Musa Rasekshah jalan pesisir pantai bisa mulus. Kasihan para petani dan masyarakat umum, setiap kendaraan yang lewat membawa hasil pertanian dan juga kendaraan roda dua yang membawa anak sekolah mengalami rasa takut terjatuh,” ujarnya wanita bertubuh semampai.

Menurut Dewi,pemilik warung nasi. Kondisi badan jalan rusak itu jelas menimbulkan perasaan takut ketika ingin melintasi jalan itu. Dan bila nanti ada korban jiwa, baru Pemerintah Sumut tersentuh hatinya untuk segera memperbaiki badan jalan rusak.

” Saat ini badan jalan yang berlubang itu sudah persis seperti “kolam ikan” dipenuhi air dimana-mana. Jika tidak percaya, saya harap Gubsu dan Wagubsu berkunjung ke Sergai melewati badan jalan sudah kayak kolam tersebut,” Ujar Dewi.

Menambahkan, Rahim (40) warga Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, juga mengatakan, banyak jalan di kabupaten Serdang Bedagai yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan kondisi rusak parah.

Contohnya Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang dilintasi oleh ribuan unit berbagai jenis kendaraan setiap harinya melintasi Desa Firdaus hingga Kecamatan Sei Rampah jalannya bergelombang persis kayak kuali. Sedihnya lagi.badan jalan Belidaan yang menghubungkan Kecamatan Dolok Masihul mengalami rusak parah dan berlobang besar.

” Kita berharap Pemerintah Sumut segera memperbaiki badan jalan yang bergelombang berada di Desa Firdaus tersebut dan lobang besar di badan jalan Belidaan,” imbuhnya.

Selanjutnya, sebagai masyarakat juga berharap pihak pemerintah yang setiap tahun menerima retribusi pajak dari masyarakat dapat melakukan perbaikan, namun perbaikan itu tidak hanya menempel badan jalan yang menurut pengamatan masyarakat hanya itu-itu saja dari tahun ke tahun.

“Perbaikan ini sangat penting sebab menyangkut banyak nyawa pengguna jalan yang setiap hari melintas. Jangan tunggu ada korban jiwa baru sibuk memperbaiki, tapi perbaiki sebelum ada korban jiwa,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan