Bupati Deliserdang Penting Evaluasi DLH, Terkait Jakstrada Pengelolaan Sampah

  • Bagikan

Deli SERDANG, Metro24Sumut.com |    Komunitas Pemerhati Lingkungan Deli Serdang meminta kepada Bupati Deliserdang Ashari Tambunan pentingnya mengevaluasi Kebijakan Strategi Daerah ( Jakstrada), terkait Pengelolaan sampah rumah tangga, berhubung masih banyaknya ditemukan timbunan sampah yang teronggok, tidak terangkut ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) apalagi adanya TPA sampah Ilegal di kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Demikian dinyatakan Pemerhati Lingkungan Andi Geo dari Lempalhi Sumut di GOR Lubuk Pakam senin( 27/12/2021).

Ia mengatakan, masih banyak timbunan sampah yang berserakan dan merusak pemandangan di jalan lintas Kecamatan Deli Serdang. Seperti, di jalan kongsi Patumbak -Delitua yang tak jauh dari lokasi pemakaman china.

Menurut informasi warga sekitar, kata Gio, tumpukan sampah tersebut diangkut hanya setahun sekali disaat musim ziarah ke tempat pemakaman tersebut.

Selain itu, lanjut Gio, Timbunan sampah juga ditemukan dijalan Sejarah Lintas Deli Tua – Namo Rambe dan seputaran jembatan sungai deli.

“Di lokasi ini terpantau sampah hingga berserak ke bantaran sungai Deli, dan di jalan-jalan lintas Kecamatan timbunan sampah juga banyak ditemukan salah satunya diseputaran perumahan  Kecamatan Sunggal dan Pancur Batu,” Bebernya.

Selain timbunan sampah yang terlantar, kata Andi, aktifitas TPA Ilegal di desa Batu Penjemuran Namo Rambe, Desa Suka Maju dan Desa Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Deli Serdang semakin lepas los control

” Maraknya Timbunan sampah dan adanya TPA Ilegal di Deli Serdang menunjukkan Neraca Pengelolaan sampah rumah tangga terkesan normatif dan kualitatif semata. Dari itu laporan tahunan ke Provinsi terkait Kebijakan Strategi Daerah Deli Serdang tentang sampah rumah tangga dan jenis sampah lainnya penting dikaji ulang”, ujar Andi.

Menurutnya, Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang yang tupoksinya menyusun rumusan Kebijakan Strategi Daerah tentang sampah rumah tangga, penting melibatkan Konsultan atau pihak ketiga guna terhindar dari hal normatif dan kualitatif semata dan sesuai dengan arah Kebijakan Strategi Nasional dimana Kementerian LHK RI yang dalam tupoksinya telah melakukan pendampingan untuk penyusunan jakstrada ini.

Lebih jelas diterangkan Andi, bahwa hal ini sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (JAKSTRANAS) Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga, yang baru ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 2017. Aturan ini merupakan terobosan baru dalam pengelolaan sampah nasional yang melibatkan 32 Kementerian/Lembaga terkait, dunia usaha, asosiasi, dan komunitas terlibat dalam pengelolan sampah nasional.

Sementara itu Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang Eli saat dikonfirmasi tim Pemerhati Lingkungan Deli Serdang melalui pesan whatshapp, terkesan buang bola panas ke kecamatan kecamatan semata”, tegas Andi.

“Ya komitmen tinggi dari OPD sangat dituntut untuk berjalannya program kebijakan ini. Masalah Sampah ini tidak bisa disepelekan karena berkaitan dengan Kebijakan Strategi Nasional. Dari itu Bupati Penting Evaluasi kinerja DLH untuk pengembangan pengelolaan TPA, bila perlu TPA Namo Bintang difungsikan kembali atau TPA Ilegal yang beroperasi disewa dan dikelola oleh Pemkab Deli Serdang “, pungkasnya Andi.

Sumber (Andi)

  • Bagikan