Pemkab Sergai Targetkan 71,000 Vaksinasi Anak Usia 6 -11 Tahun

  • Bagikan

SERGAI,Metro24Sumut.com. |    Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Serdang Bedagai (Sergai), meninjau pelaksanaan Vaksinasi Merdeka yang digelar Polda se-Indonesia dan menargetkan 71.000 orang siswa di Kabupaten Serdang Bedagai akan melaksanakan Vaksinasi Merdeka,ya itu untuk anak usia 6-11 tahun pada dosis I. Rabu (5/1/2022), bertempat di SDN 102020, Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

Terkait vaksinasi tersebut, Bupati Sergai H Darma Wijaya diwakili Sekdakab H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP menyampaikan, bahwa vaksinasi yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK.01.07./MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksiansi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) bagi anak usia 6 (enam) sampai dengan 11(sebelas) tahun, yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021, tahun lalu.

“Hari ini untuk pertama kalinya 400 siswa melaksanakan vaksinasi,” ujarnya.

Usai pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Anak, Bupati Sergai H. Darma Wijaya yang diwakili H M Faisal Hasrimy, AP, M.AP secara virtual menyampaikan,

” Hari ini kita melaksanakan Vaksinasi Merdeka Anak, perdana sebanyak 400 orang yang di pusatkan di SD 102020 Firdaus. Dengan jumlah 71.000 anak yang akan divaksin, ditargetkan satu hari melaksanakan lebih kurang 5000-an vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dan dalam kurun waktu 2 minggu vaksinasi anak ini selesai dilaksanakan,” ungkapnya.

Kemudian lanjut Faisal, vaksinasi anak ini dapat kita sukseskan dengan melakukan pendekatan dan sosialisasi serta mengedukasi anak-anak, yang dilakukan oleh guru maupun dengan melakukan pendekatan kepada orang tua bahwa vaksinasi ini aman.

“Kita ibaratkan saja vaksin ini dengan imunisasi agar anak kita sekaligus orang tuanya tidak merasa cemas dan was-was saat melaksanakan vaksin,” imbuhnya.

Untuk itu, kata Sekda, Kepada jajaran Dinas Pendidikan agar bergerak secara masif di sekolah-sekolah sehingga pelaksanaan vaksinasi anak dapat berjalan dengan baik dan anak-anak kita mendapatkan kekebalan komunal.

Faisal juga berpesan kepada para tenaga vaksinator agar memastikan kesehatan anak yang akan divaksin dan jika di perlukan orang tua dapat mendampingi anaknya saat di vaksinasi, terangnya.

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP. Dr. Ali Machfud, S.I.K, M.I.K mengatakan, Pelaksanaan vaksin ini dapat kita selesaikan dalam kurun waktu 2 minggu serta waktu efektif siswa sekolah 12 hari.

“Saya berharap komunikasi guru dan orang tua siswa dapat berjalan baik agar orang tua anak-anak kita yakin anaknya mendapatkan vaksinasi, dan vaksin ini aman serta pemerintah bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan vaksin ini, maka dari itu kita harus mempersiapkan anak kita.

Kapolres menerangkan, pada anak usia 6-11 tahun, baik yang sekolah di madrasah maupun pesantren juga kita laksanakan vaksinasi.

” Vaksinasi ini guna mendapatkan kekebalan komunal bagi anak kita,” tandasnya.(*)

  • Bagikan