Segera ! Kabupaten Mandailing Natal Lakukan Vaksinasi Anak

  • Bagikan

Madina, Metro24sumut.com | Vaksinasi Covid-19 menggunakaan dosis sinovac bagi anak umur 6 hingga 11 tahun di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) telah dimulai, Rabu (5/1/2022).

Peluncuran vaksinasi Merdeka ini dilakukan di SD Negeri 081 Panyabungan. Hadir Bupati Madina, Muhammad Ja’far Sukhairi Nasution, Kapolres, AKBP Muhammad Reza C.A.S Sik MH, Dandim 0212/Tapsel diwakili Perwira Penghubung, Mayor Inf David Sidabutar dan rombongan lainnya.

Bupati menyebut, sasaran vaksinasi Covid-19 bagi anak di Kabupaten Madina ditargetkan 58.404 orang anak dengan batas waktu 14 hari setelah dimulai.

“Semua pihak saya minta harus sama-sama mengambil peran dalam rangka mencapai target tersebut. Kemudian peran orang tua dan guru sangat berpengaruh untuk menyukseskan program ini,” kata Bupati.

Kapolres Madina juga menyampaikan launching tersebut dilakukan secara serentak.

Sebelumnya, Reza menargetkan akhir bulan Januari dalam pencapaian target 70 persen, akan tetapi Kapolda Sumut memerintahkan dalam dua pekan saja.

“Kami akan berupaya dalam dua pekan untuk bisa mencapai target setidaknya 70 persen dan 58.404 itu atau dengan kalkulasi sekitar 40 ribuan anak,” ujarnya.

Mantan Kabagops Polrestabes Medan ini menjelaskan langkah-langkah yang akan mereka lakukan dengan cara berkordinasi bersama Pemerintah Daerah, TNI untuk memenuhi target tersebut.

“Kita juga akan melakukan sosialisasi imbauan kepada para orang tua murid dan pada saat pelaksanaan kita akan membuat penarik minat anak-anak yaitu menyiapkan doorprize,” tambahnya

“Kemudian, untuk mengatasi stres atau menghilangkan rasa takut anak untuk di suntik diantaranya menampilkan badut dan kami harap saat pelaksanaan harus didampingi orang tua,” sambungnya.

Sebelumnya, kata Reza, Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pernah menyampaikan jika bisa vaksinasi bagi anak ini diganti dengan nama imunisasi saja.

“Saran dari Kementerian PMK untuk sasaran anak-anak ini namanya imunisasi saja. Sebenarnya sama saja, vaksinasi kan untuk imun juga. Mungkin biar tidak menakutkan untuk didengar anak-anak,” ungkap AKBP Reza.

Terakhir, Reza menyebut saat ini dosis untuk program imunisasi anak di Polres Madina sudah tersedia.(Evi/neng)

  • Bagikan