Pilkades Serentak 2022-2028 di Sergai, Dua Desa di Perbaungan Dibatalkan

SERGAI,Metro24Sumut.com | Menjelang akan di laksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Dari 102 Desa yang menjalani Pilkades di Kabupaten Serdang Bedagai,(Sergai), Dua desa yang berada di Kecamatan Perbaungan yaitu Desa Deli Muda Hulu dan Desa Suka Beras, dipastikan tak dapat mengikuti Pilkades periode 2022-2028.

Sebagaimana kedua desa tersebut dinilai, calon kepala desanya tidak memenuhi persyaratan untuk mengikuti pilkades sehingga dibatalkan.

“Sebelumnya ada 102 desa yang ikut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Namun karena ada dua desa yang tidak memenuhi persyaratan untuk pilkades, jadi dibatalkan. Sekarang ini jadinya 100 desa yang ikut pilkades,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sergai, Sri Rahmayani, Jumat (18/3/2022).

Menurut Sri, alasannya dibatalkan pemilihan kepala desa di dua desa tersebut ialah, karena ada satu desa yang kedua calonnya tidak memenuhi persyaratan, sedangkan satu desa lagi hanya satu calon yang memenuhi persyaratan.

“Sehingga dua desa itu enggak bisa mengikuti pilkades. Kalau cuma satu calon kades yang ikut, itu pun juga gak bisa dilaksanakan pilkades, karena calon kades harus dua,” ucap Sri.

“Jadi dipastikan Desa Suka Beras, dan Desa Deli Muda Hulu, enggak bisa ikut pilkades,” tegasnya.

Sementara itu dua desa yang tidak ikut pilkades ini, akan di pelaksana tugas (Plt) sampai pilkades terdekat.

“Saat ini di Plt kan dulu. Kalau ada pilkades berikutnya baru bisa dilaksanakan kembali di desa tersebut,” ujar Sri.

Sedangkan dari 100 desa yang melaksanakan pilkades, terdapat 299 orang calon kades.

(*)