Bobby Nasution Ajak PT Tokopedia Bantu Majukan Usaha Ibu-Ibu Nelayan & Betor

Medan, metro24sumut.com |Wali Kota Medan Bobby Nasution mengapresiasi Tokopedia yang sudah melakukan pendampingan dan memberikan pelatihan terhadap 1.000 pelaku UMKM di bawah binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Medan. Sebab, apa yang dilakukan perusahaan perdagangan elektronik atau toko daring ini sejalan dengan keinginan Pemko Medan untuk membangkitkan kembali UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 sekaligus naik kelas.

“Kami sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas pendampingan dan pelatihan yang telah diberikan Tokopedia,” kata Bobby Nasution didampingi Kadis Kominfo Kota Medan Arrahman Pane dan Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Hendra Ridho saat menerima kunjungan PT Tokopedia di Balai Kota Medan, Selasa (22/3).

Apalagi Astri Wahyuni selaku Direktur Kebijakan Publik dan hubungan pemerintah Tokopedia mengungkapkan, perusahaan yang berdiri 17 Agustus 2019 itu kini fokus untuk membantu meningkatkan UMKM yang dilakoni perempuan. Bobby Nasution langsung menyikapinya dengan menawarkan Kerjasama untuk membantu meningkatkan usaha ibu-ibu nelayan dan pengemudi becak bermotor (betor).

Dikatakan Bobby Nasution, Pemko Medan melalui OPD terkait saat ini berupaya membantu meningkatkan usaha istri nelayan yang ingin membantu ekonomi keluarga. Alhamdulillah, jelas Bobby, keinginan ini telah mendapat dukungan penuh dari PT Telkom, BRI, PNM dan PT Pegadaian yang menyatakan kesediaan membantu Pemko Medan untuk mewujudkannya.

“Kita sudah melakukan penandatanganan MoU. Kami berharap agar PT Tokopedia juga bersedia untuk membantu meningkatkan usaha ibu-ibu nelayan dan betor. Artinya, kita bagi-bagi tugas untuk mewujudkannya,” harapnya.

Didampingi Emmiryzan selaku Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah dan Zhafira Sonjaya, Astri berjanji akan menindaklanjuti tawaran menantu Presiden Joko Widodo untuk membantu meningkatkan usaha ibu-ibu nelayan dan betor di Kota Medan. Apalagi, jelasnya, kedatangan mereka terkait rencana kolaborasi pengembangan pelaku UMKM dan digitalisasi layanan public di Kota Medan tahun 2022.

Diungkapkan Astri, penjualan tertinggi Tokopedia di Kota Medan yakni makanan dan minum, kesehatan dan kebutuhan rumah tangga. “Fashion juga saat ini sedang trend di Kota Medan. Untuk itu kita akan mengembangkan fashion bekerjasama dengan Dekranasda Kota Medan,” ungkap Astri.

Dalam pertemuan dengan Wali Kota tersebut, Astri selanjutnya berharap agar kolaborasi antara PT Tokopedia dan Pemko Medan dapat lebih ditingkatkan lagi, termasuk memajukan UMKM. Kemudian, Astri juga mengharapkan agar MoU antara Pemko Medan dan PT Tokopedia yang akan berakhir dapat diperpanjang lagi.(Evi)