Berita  

Inugurasi “Ditutuk Samosir” SMK Muhammadiyah 3 Kualuh Hulu, SMK Center of Execellence (CoE) dan SMK Pusat Keunggulan (PK)

Labura,metro24sumut.com I Inugurasi ke Tutuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Peserta didik kelas XII jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), dan Teknik Kenderaan Ringan dan Otomotif (TKRO), menjelang berakhir tahun ajaran 2021/2022, SMK Muhammadiyah 3 Kualuh Hulu, SMK Pusat Keunggulan (PK) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura).

Pantauan wartawan dilapangan, jumlah peserta 200 orang, terdiri dari siswa dan guru dengan 5 bus pariwisata. Kegiatan akhir tahun pembelajaran ini secara konteniu diselenggarakan SMK Muhammadiyah 3 Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura-red), sebagai bentuk membangun keakraban, kekompakan, antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, kelak telah menjadi alumni yang terus mencintai almamaternya.

Wakasek Kurikulum, Khairil Ikhwan Siregar, ST, menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk momentum kenangan guru kepada peserta didik, dan peserta didik dengan guru, serta sekolah yang mereka akan tinggalkan. Tempat dimana mereka bersekolah selama tiga tahun, menimba ilmu, dibimbing, dan mendidik mereka.

“Inugurasi atau perpisahan ini selalu diselenggarakan sekolah sebagai bentuk momentum dimana siswa itu akan selalu mengingat sekolahnya, mengingatkan mereka dengan kebersamaannya bersama teman sekelas dan satu sekolah, serta mengenang guru-guru yang pernah mendidik mereka disekolah,”ucap Khairil Ikhwan, Senin (28/3/2022)

Lanjut, Khairil Ikhwan Siregar, bahwa memang sempat selama satu tahun tidak melakukan kegiatan Inugurasi perpisahan kelas XII kerena berhubung covid-19 yang melanda negeri bahkan dunia internasional. Maka saat itu, pada tahun 2020 lalu, tidak melakukan kegiatan rutinitas yang menjadi ciri khas sekolah.

“Kegiatan ini, memang sempat terhalang akibat bencana menimpa bangsa ini, bahkan seluruh dunia, yang tidak memungkinkan. Namun, setelah itu pihak sekolah kembali mengizinkan dan memperbolehkan. Dengan begitu, semangat para peserta didik kembali antusias dengan kegiatan mendapatkan izin kembali.” Tegasnya.

Sama dengan ucapan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 3 Kualuh Hulu, H. Taufik Hidayat, S.Ag,.MM, mengapresiasi kegiatan Inugurasi dapat kembali terselenggara, serta merasa bangga kepada dewan guru yang berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan Inugurasi ‘Dituktuk Samosir’, dan terkusus kepada peserta didik kelas XII keseluruhan.

“Saya ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta yang ikut serta dalam kegiatan ini, baik Bapak/ibu guru wali kelas setiap kelas dan jurusan, dan dewan guru yang berpartisipasi ikut didalam mensukseskan kegiatan perpisahan yang sangat luar biasa ini,”cetusnya dalam kegiatan malam dipinggir Danau Toba.

“Harapan saya kedepan, para peserta didik yang sudah menyelesaikan studinya selama tiga tahun ini, dapat mengamalkan, serta merealisasikan ilmu yang didapatkan dari sekolah untuk meraih cita-cita yang didambakan, dan jangan lupa ibadah dijaga, etika, dan Akhlakul Karimah sebagai budaya sekolah kita muhammadiyah.” Jelasnya, membuka kegiatan malam, dengan mengucapkan,’Bismillahirrohmanirohim’.

Sebagai bentuk pesan dan kesan para peserta didik yang mewakili dari masing-masing kelas, Umariah siswa XII TKJ² menyampaikan,”semoga malam yang indah ini, ditepi pantai Danau Toba, terakhir kita bersama guru-guru kita dalam kebersamaan dalam sistem pembelajaran, canda, dan gurauan. Mungkin disana sini, kami sering membuat jengkel, kesal, dan emosi guru-guru kami, kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya,” ujarnya sembari sedikit terharu.

“Pesan, dan kesan buat teman-teman semua. Mari kita amalkan ilmu yang diberikan oleh guru-guru kita selama ini, walaupun kita merasa saat waktu belajar sering ada kurang pas, kurang adil, dan kurang paham kenapa bisa seperti ini dan itu, sebab, guru kita berbuat itu bukan tanpa sebab. Buat kawan-kawan sukses semua, amin. Dan buat sekolah dan guru-guru kami semua, sukses terus sekolah, dan semoga peserta didik yang akan datang lebih baik daripada kami saat ini, terimakasih.”Tutup Umariah, sembari mengucapkan salam. (mtr24su/tt)