Bulan Suci Ramadhan 1443 H Permintaan Lengkong Hitam di Sergai Meningkat, Pengusaha : Hingga mencapai 5 Ton

SERGAI, Metro24Sumut.com |                  Di Bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022, lengkong hitam yang sering menjadi campuran minuman es masih menjadi favorit di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Meningkatnya pesan lengkong ini diungkapkan, pemilik usaha pembuatan lengkong hitam Elianto (48) dan Susi (40) yang warga Desa Pematang Tatal, Dusun III, Kecamatan Perbaungan, Sergai.

“Cara pembuatan lengkong hitam ini, kita mulai dari pagi Subuh hingga malam dinihari. Permintaan lengkong hitam di minggu pertama puasa memang meningkat hingga 4-5 ton,” ungkap Susi, Selasa (12/4/2022).

Menurut Susi, saat ini ia hanya membuat perharinya lebih kurang 1,5 – 2 ton lengkong hitam, dengan dibantu sekitar 15 orang karyawannya.

Susi juga mengungkapkan, ia dan suaminya sudah mulai usaha Lengkong hitam ini sejak tahun 1999 dan eksis hingga sekarang.

“Kita memproduksi sendiri, dengan melibatkan sekitar 15 orang karyawan. Target pasar penjualan lengkong hitam ini ke Pajak Perbaungan.

Namun kata Susi, dalam dua hari belakangan ini ia menjual lengkong hitam hasil produksinya hingga ke Aek Kenopan, Labuhan Batu Utara (Labura).

Kemudian, permintaan lengkong hitam pada puasa tahun ini berkurang, dibandingkan dengan puasa tahun kemarin yang lebih banyak pemesannya.

“Biasanya seperti puasa tahun kemarin, dan menjelang lebaran Idul Fitri malah makin sikit permintaan. Di awal puasa aja yang banyak,” ujar Susi.

Permintaan lengkong hitam ini juga tergantung cuaca. Biasanya kalau cuaca panas permintaan lengkong hitam meningkat.

Terkait ketersediaan bahan baku, Susi mengatakan, bahan baku pembuatan lengkong hitam sampai sekarang masih aman.

” Lengkong terbuat dari daun lengkong, bahan bakunya kita ambil dari Bahorok, Kuala, Langkat. Per kilonya kita ambil Rp 15 ribu. Sedangkan itu kita jual per potongnya Rp 3500 dengan berat 8 ons,” ujar Susi.

“Satu drum bisa dapat sekitar 7-8 kilo. Dan kalau kita potong dengan berat 8 ons per potongnya, bisa dapat sekitar 200 potongan,” pungkasnya  (*)