Bobby Nasution Tandatangani Kesepakatan Bersama dengan Tokopedia Kembangkan Ekonomi Digital UMKM

Medan, metro24sumut.com | Pemko Medan dan Tokopedia menjalin Kesepakatan Bersama tentang Pengembangan Ekonomi Digital dan Pelayanan Publik di Kota Medan. Penandatanganan Kesepakatan Bersama ini dilakukan oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Senior Vice President of Publik Policy and Government Relation PT Tokopedia, Astri Wahyuni, Rabu (27/) sore di pelataran Graha Merah Putih.

Bobby Nasution yang hadir bersama Ketua Dekranasda Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution itu mengharapkan, kesepakatan bersama ini harus ditindaklanjuti dengan berbagai langkah yang bertujuan untuk menaikkan kelas UMKM di Medan.

“Menaikkan kelas UMKM jangan hanya slogan, harus diwujudkan dengan langkah kongkrit. Salah satunya adalah menerapkan digitalisasi UMKM,” ungkap Bobby Nasution seraya mengharapkan Kesepakatan Bersama ini dapat kian mendekatkan pelaku UMKM Medan dengan digitalisasi.

Penandatanganan Kesepakatan Bersama yang dirangkaikan dengan kegiatan Wearbiz 2022 yang memasarkan berbagai produk UMKM Medan itu, Bobby Nasution mengatakan, Pemko Medan komitmen dan fokus untuk meningkatkan UMKM di Medan. Para pelaku UMKM dari kalangan anak muda dan ibu-bu menjadi sasaran dalam upaya peningkatan ini. Karena itu, diharapkan pelatihan digitalisasi ini dapat menyasar kepada pelaku UMKM kalangan muda dan ibu-ibu.

“Pemko Medan menargetkan memperbanyak event-event yang ajang ekspresi dan pemasaran produk pelaku UMKM dari kalangan anak muda,” sebut Bobby Nasution.

Dalam naskah Kesepakatan Bersama ini disebutkan, bahwa kesepakatan bersama ini untuk mensinergikan dan mengoptimalkan sumber daya Pemko Medan dan Tokopedia dalam meningkatkan pemanfaatan ekonomi digital di Kota Medan serta mendukung pelaksanaan pelayanan publik bagi masyarakat di Kota Medan. Sedangkan Objek dalam Kesepakatan Bersama ini adalah pemanfaatan  ekonomi digital untuk pemasaran produk-produk UMKM unggulan, sentra wisata kuliner, sentra UKM dan pelayanan publik Kota Medan.

Sedangkan Ruang lingkup Kesepakatan Bersama  meliputi pemberian edukasi dan pelatihan UMKM, toko kelontong dan koperasi binaan Pemko Medan tentang penggunaan perdagangan berbasis elektronik (e-commerce) dan pemasaran produk secara daring (online marketing) bagi masyarakat Kota Medan melalui pemanfaatan sarana pasar daring yang dimiliki Tokopedia, dukungan promosi potensi keunikan dan keunggulan daerah Kota Medan, dukungan digitalisasi Penerimaan Asli Daerah (PAD) dalam penerimaan Pajak Daerah di Kota Medan dan bidang-bidang lain yang disepakati secara tertulis oleh Pemko Medan dan Tokopedia.

Usai melakukan penandatanganan kesepakatan bersama ini, Bobby Nasution bersama Kahiyang Ayu mengunjungi berbagai stand yang memajangkan produk UMKM Medan di ajang Wear Biz 2022 itu. Bobby Nasution tidak canggung mencoba dan membeli baju di salah satu stand. Begitu juga dengan Kahiyang Ayu. Ketua Dekranasda Medan itu pun mencoba lalu membeli sebuah busana lokal yang telah dipasarkan secara nasional.(Evi)