banner 728x90
News  

Mediasi Gagal, Paijan Nasabah BRI Unit Labuhan Kotapinang Lanjutkan Proses Hukum 

Kotapinang – Labusel , | Setelah dilaporkan ke Polres Labuhanbatu atas perbuatan melawan Hukum dengan kasus hilangnya agunan nasabah yang terjadi 6 tahun yang lalu terhadap pelapor Paijan melalui kuasa Hukumnya Beriman Panjaitan, SH , Pekara terjadi di BRI unit Labuhan Kotapinang saat ini mulai masuk proses mediasi, Proses mediasi tersebut berlangsung di Mapolres Labuhanbatu yang di fasilitasi oleh Kanit Tipiter (Tindak Pidana Tertentu),Ungkap Beriman Panjaitan.SH di Rantauprapat, kepada Media, Rabu (08/06/2022).

Dalam Pertemuan mediasi tersebut hadir Paijan selaku Nasabah, Kacab BRI Unit Labuhan Kotapinang yang baru, Notaris yang menjadi rekanan Pihak Bank serta Pengawas Notaris, dalam pertemuan tersebut Pihak Bank BRI dan Notaris belum bisa memberikan keputusan sebab masih terjadi perdebatan diantara mereka, Kata Beriman.

Mulanya Paijan Debitur Bak BRI berharap pertemuan mediasi yang di fasilitasi Kanit Tipiter Polres Labuhanbatu kali pertama ini bakal membuahkan hasil yang baik bagi Kliennya demi tegaknya keadilan sesuai dari pengamalan sila ke lima dari pancasila yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, akan tetapi apa yang diharapkan paijan belum mendapatkan titik terang bagi penyelesaian kasus yang dilaporkannya, kami siap untuk menyelesaikan kasus ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Paijan memutuskan untuk melaporkan Bank BRI ke Polres Labuhanbatu. Hal itu dilakukan karena Paijan menganggap tidak ada penyelesaian terkait hilangnya agunan Sertifikat Tanah yang ia jaminkan di Bank yang sudah berlangsung sangat lama, hingga 5 tahun.

Sementara itu Beriman Panjaitan yang juga Direktur LBH IPK Labuhanbatu ini, Merasa sangat kecewa sekali terhadap pihak Bank BRI dan Notaris karena kedua pihak ini tidak bisa langsung untuk memberikan keputusan saat di mediasi dengan meminta waktu lagi untuk pertemuan selanjutnya.

“Untuk penyelesaian kasus ini, seolah olah tidak menghargai pihak kepolisian dalam hal ini kanit Tipiter yang sudah berusaha melakukan Mediasi atas kasus ini agar cepat selesai” Ujar Kuasa Hukum Paijan Beriman Panjaitan,SH

Beriman Panjaitan,SH meminta aparat penegak hukum untuk melanjutkan kasus ini hingga dapat menetapkan siapa yang akan menjadi Tersangka nantinya, jika memang tidak ada keinginan pihak Bank BRI dan Notaris untuk menyelesaikan kasus hilangnya agunan nasabah yang dijadikan jaminan tersebut, ucapnya.

Tentang permasalahan ini yang menjadi tanggung jawab adalah Bank BRI, dimana di atur pada saat Perjanjian kredit (PK) antara Debitur Paijan dengan Bank BRI, dimana di cantumkan pada PK berapa nilai pinjaman, lama pinjaman (tenor), bunga pinjaman,dan jenis agunan yang di jaminkan semua tertera di akad kredit tersebut, sehingga Bank BRI lah sebagai penanggung jawabnya.

Untuk notaris hanya sebagai mitra jembatan ke BPN ( Badan Pertanahan Negara) untuk pembuatan SHT, APHT,Proses BBN (Balik nama), Proses waris dsbnya. Tidak pernah Debitur perbankan berhubungan langsung kepada pihak Notaris, dengan di buktikan serah terima jaminan antara debitur dengan Perbankan, tegasnya.

Untuk permasalahan ini jika tidak ada jalan keluarnya secara kekeluargaan maka di sarankan melakukan gugatan perdata atas dasar perbuatan melawan hukum ( pasal 1365 Undang-undang Hukum Perdata ) , Tiap perbuatan melanggar hukum, yang membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian tersebut, dimana Bank BRI telah lalai menghilangkan jaminan debiturnya dengan terjadinya peristiwa hukum” ungkap Beriman.

Dalam hal ini Pihak Bank BRI harus melakukan pergantian jaminan tersebut berupa SHM (Sertifkat Hak Milik) karena lalai menyimpan dokumen jaminan tersebut, dan hilangnya dalam proses peristiwa hukum pada saat perjanjian kredit (PK) debitur Paijan dan Bank. (Redaksi)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif