banner 728x90

Pilkades Serentak Kabupaten Langkat & Calon Yang Berpeluang Menang

Langkat,Metro24sumut.com|Hari ini menjadi momen penting bagi 165 Desa di Kab. Langkat (dari 240 desa)
,sebab hari ini, Minggu,19 Juni 2022 di laksankannya Pemilihan Kepala Desa Serentak.

Siapa yang terpilih menjadi orang nomor satu di desa? keputusannya ada ditangan masyarakat, sebab maju mundurnya suatu desa tergantung pemimpinnya yang akan menjalankan roda pemerintahan desa, tentunya selain masyarakatnya. Ada ungkapan pemimpin itu menggambarkan masyatakatnya..

Calon yang berpeluang menang

Calon yang memilki kemampuan memimpin menjadi alasan untuk dipilih, mengapa ada juga pemimpin yang tidk bisa memimpin, ada juga pemimpin yang tidak bisa menggerkakan dan memberdayakan masyakatnya. Banyak kemampuan yang dimiliki seorang pemimpim. Selain kemampuan memimpin, kemampuan komunikasi, menyelesaikan masalah, megelola keuangan harus dimiliki seorang Kepala Desa.

Selain memiliki kemampuan diatas , selanjutnya adalah calon yang memiliki kepedulian dan kedekataan dengan masyarakatnya. Calon yang memiliki kepedulian dan kedekatan dengan maayarakatnya, atomotis paham tentang persoalan-persoalan masyarakatnya. Soal bisa atau tidal memberikan solusi atas pesoalan atau permasalahan itu tergantung kemampuan calon.

Ada yang memiliki kemampuan memimpin tapi kurang peduli dan dekat dengan masyarakanya. Ada yang dekat dan peduli tapi kurang dalam kemampuan memimpin, mengelola keuangan, menyelesaikan masalah.

Sudah saaatnya memilih calon yang memiliki perpaduan yang memili kemampuan, kepedulian dan kedekatan

Soal Visi dan Misi Cakades.

Soal visi dan misi calon kades kita perhatikan yang banyak dipajang dispanduk dan bertebaran di medos. Sudah bagus. Bahkan ada yang bilang dah kayak Visi Misi Calon Bupati. Yang menjadi persoalanya bisa tidak mewujudkannya. Sebab Kepalda Desa itu memilki anggaran terbatas. Sebagai saran saya Fokus pada program pemberdaayan misalnua BUMDes dan infrastruktur.

Calon Muda

Ada hal yang menarik di Pilkades kali ini, banyak anak muda yang maju menjadi calon, dari aktivis organisasi, kampus, OKP, kepala dusun. Rata-rata usia mereka dibawah 40 tahun. Bahkan Ada belum mencapai 30 tahun. Ini menandakan semangat anak muda mengiguninkan perbuahan. Tapi Sekali lagi memimpin ITU bukan persoalan muda dan tua, tapi persoalan kemampuan. Walau muda tapi memiliki kemamluan mengapa tidak..

Buat Panitia Pilkades.
Lakanakan amanah dengan sebaik-baiknya. Netralitas, transparasi menjadi kunci suksesi panitia.

Buat masyakat
Saya ucapakan selamat memilih pemimpin di 164 desa. Mari laksanakan pesta demokrasi di tingkat desa dengan gembira. Pilihlah calon sesuai hati nurani.
Kaeana pilihan kita juga bentuk pertanggung jawaban kita

Buat Calon Kades.
Menang -kalah itu biasa. Calon Yang menang sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa. Sebagai manusia kita hanya berusaha. Buat yang terpilih rangkul dan berkolaborasi dengan semua pihak. Anda Kepala Desa seluruh rakyat yang ada didesa bukan kepala desa pemilih Anda atau tim sukses Anda.
Buat yang belum terpilih terus berbuat untuk kemajuan desa.

Oleh : Jumadi / Sekretaris DPD Pattai Gelora Kab. Langkat