banner 728x90
News  

Pelaku Usaha Rumahan Memohon Bantuan Pemerintah, Pengadaan Mesin Dompleng untuk Peningkatan Produksi

Deliserdang, metro24sumut.com | Pelaku usaha rumahan yang banyak di lakoni penduduk di Desa Tuntungan 1 Kecamatan Pancur Batu ,dengan memampaatkan limbah pabrik kerupuk opak yang dikenal dengan sebutan gaplek merupakan salah satu bahan pokok untuk pakan ternak.

Komuniti pangan ternak dengan bahan menggunakan sisa dari ubi kayu yang tidak terpakai sisa membuat kerupuk opak menjadi alternatif tambahan penghasilan bagi warga pengerajin khusunya pengerajin opak.

Belakangan pesanan gaplek kian meningkat, dan untuk memenuhi permintaan warga desa merasa masih belum mampu melayani pemenuhan permintaan ketersediaan gaplek dalam jumlah banyak.

Hal ini menjadi keluhan  masyarakat yang hanya mampu menghasilkan jumlah gaplek sedikit saja dikarenakan pengerjaan untuk menghasilkan gaplek masih menggunakan cara yang sangat tradisional yakni melakukan pencincangan bahan baku ubi kayu sisa pembuatan opak dengan menggunakan alat potong dan tangan.

Salah satu pelaku usaha yg di temui wartawan metro24sumut.com, Papi (60) menyebut produksi gaplek masih terbilang minim dari potensi permintaan pagan ternak.

Tentu, Papi berharap pemerintah khususnya pemerintahan desa bersedia mengalokasikan dana bantuan untuk bisa menyediakan alat khusus seperti mesin pemotongan gaplek.

Papi berharap agar bantuan untuk pelaku usaha rumahan yang berada di desa Tuntungan 1 kec Pancur batu yang menggeluti usaha pembuatan Gaplek ini bisa di perhatikan, agar perekonomian masyarakat bisa terdongkrak

“Banyak pesanan para pelaku usaha rumahan ini yang tidak bisa di penuhi di akibat kan pengerjaan ny masi manual, berharap pemerintah bisa memberikan bantuan mensin dompleng yang bisa menunjang produksi gaplek ini meningkat” ungkapnya. (Ari)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif