banner 728x90
News  

Penundaan Pelantikan Pengurus DPC Peradi Medan Terkesan Dipaksakan

Medan, metro24sumut.com | Acara Pembekalan dan Pengambilan Sumpah Pengacara terhadap lulusan baru 2022 di Tiara Hotel Medan melempem, tak ada pelaksanaan kegiatan yang mestinya berlangsung Kamis (21/7/22).

Selain sepi, ruangan yang sudah tertata rapi dengan barisan kursi terlihat sepi pengunjung, para peserta dan tamu tak terlihat diruangan Lux tersebut, hanya beberapa orang yang tampak duduk tanpa kesan kegiatan.

Dua agenda kegiatan persiapan pelantikan dan pengambilan sumpah Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Advokat Indonesia (DPC Peradi) Medan yang sudah dipersiapkan justru berjalan berantakan diduga hal itu lantaran tertundanya Pelantikan pengurus DPC Peradi Medan Sei Rotan oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) yang menyatakan menunda pelantikan DPC Peradi Medan yang mengakibatkan ada kericuhan yang terjadi pada Rabu (20/7/22) malam.

Dilokasi acara di gedung Tiara Medan, Kamis (21/7/22) siang, wartawan menemui ketua Peradi Medan, DR. Azwir Agus SH. MH bersama Sekretaris Hermansyah Hutagalung tampak murung atas peristiwa yang menurut mereka tak semestinya terjadi.
“Kita sangat menyangkan sikap dan tindakan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) yang menunda pelantikan tanpa alasan logis secara organisatoris,” tegas Ketua Peradi Medan, Azwir Agus.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris DPC Peradi Medan, Hermansyah Hutagalung atas keputusan ketua DPN Peradi, Otto Hasibuan yang terkesan dipaksakan.

” Ada dua kegiatan yang meskinya berjalan di tempat ini ( Tiara Hotel) yakni acara pembekalan dan pengambilan sumpah pengacara yang baru lulus dan pelantikan Peradi Sek Rotan (DPC Peradi Medan) namun pelantikan tidak dilakukan dan pengambilan sumpah dilakukan di holel Arya Duta Medan jadi wajar disini sepi” ungkap Hermansyah Hutagalung.

Herman sangat menyayangkan Otto Hasibuan menunda pelantikan yang sudah dipersiapkan waktu dan tempat bahkan mengundang banyak pihak, tak cuma itu menurutnya apa yang dilakukan Otto Hasibuan sangat mencederai sistim keorganisasian.

” Awalnya penundaan pelantikan dikarenakan pembacaan SK pengangkatan yang sangat disayangkan. Harusnya DPN (Dewan Pimpinan Nasional) Peradi di bawah pimpinan saudara Otto Hasibuan menyegerakan pelantikan pengurus DPC Peradi Medan” tegasnya lagi

Sebelumnya, DPC Peradi Medan akan membawa persoalan ini ke dalam rapat anggota cabang.

“Dicoba untuk maklum. Meski DPC Peradi Medan tetap akan membawa penundaan ini ke rapat anggota cabang sebagai salah satu forum pengambil kebijakan,” jelas Wakil Sekretaris DPC Peradi Medan, Rinaldi, Rabu (21/7/22).

Apalagi, sebut Rinaldi, secara de facto dan de jure DPC Peradi Medan telah sah.

“Sah bertindak secara organisasi,” sebut Advokat dari Kantor Hukum Hasrul Benny Harahap & Rekan ini.

Selain itu, kata Rinaldi, pelantikan ini hanya sebatas seremonial belaka yang sama sekali tidak mengganggu jalannya roda organisasi.

“Pelantikkan ini menurut hemat saya sebatas acara adat yang jika ditunda bukan menjadi hambatan pengurus untuk menjalankan roda organisasi. Karena itu, semoga saja ‘acara adat’ dapat dilaksanakan sesegeranya demi konsolidasi organisasi,” pungkas Wakil Ketua Hukum & HAM DPD KNPI Sumut ini. (Evi)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif